Membangun Desa Internet untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa

796

796 - Membangun Desa Internet untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa


Nomor:
796

Inisiator:
Gito Roles

Organisasi:
KRIS [Komunitas Radio Internet Sriharjo]

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Sriharjo, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta

Dana:
50 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari – Agustus 2012 (8 bulan)

Deskripsi Proyek:
Sebuah ikhtiar kecil untuk memberdayakan potensi desa dengan segala sumberdaya yang ada, sehingga akan lebih mampu berdaya serta mandiri melalui pemanfaatan media Teknologi Informasi bagi potensi ekonomi dan pendidikan bagi masyarakat.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Ketidaktersediaan akses informasi dibeberapa areal perdukuhan di desa sriharjo.<br /> 2. Infrastruktur berupa AP (akses point) yang masih belum optimal bagi pemberdayaan masyarakat.<br /> 3. Infrastruktur radio komunitas yang stagnan dan niraktifitas.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Pembuatan model internet desa beserta system kaderisasi SDM komunitas berbasis partisipatif 2. Pemanfaatan teknologi internet dan radio komunitas dengan memberdayakan ukm (e-commerce dan e-business) dan para pelajar (e-learning). 3. Adanya ketersediaan akses internet diwilayah yang kesusahan sinyal serta akses informasi. Ketersediaan akses informasi nantinya, diharapkan akan memberikan implikasi positif atas pendidikan serta perekonomian potensi desa. Serta tidak menutup kemungkinan akan bermanfaat bagi pemerintah desa dengan system informasi desa berbasis internet.<br /> Pihak yang diuntungkan adalah masyarakat desa Sriharjo pada umumnya khususnya serta beberapa areal perdukuhan yang belum ada akses informasi (dari total 13 perdukuhan), UKM (Usaha Kecil Menengah) di desa Sriharjo, serta pemerintah desa Sriharjo.

Ukuran kesuksesan:
Dengan adanya infrastruktur Access Point Internet serta radio komunitas yang sudah ada sebelumnya dan pegiat komunitas KRIS (Komunitas Radio Internet Sriharjo) yang masih berjalan, ini menjadi modal social awal untuk melakukan langkah selanjutnya, yaitu Sriharjo Desa Internet. Indikator keberhasilan Sriharjo Desa Internet ini adalah ketika secara infrastruktur beberapa perdukuhan yang belum terkoneksi internet sudah terkoneksi serta teknologi ini sudah dimanfaatkan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) serta para pelajar yang membutuhkan akses infromasi dalam jaringan satu desa dan internet.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas