Memperkuat (empowering) Masyarakat Adat melalui Penerapan Jurnalis Warga

802

802 - Memperkuat (empowering) Masyarakat Adat melalui Penerapan Jurnalis Warga


Nomor:
802

Inisiator:
Yupentius Ivie

Organisasi:
Ruai Citizen Journalism Training Center (Ruai CJTC)

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Kalimantan Barat

Dana:
975 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Februari 2012 – Maret 2013

Deskripsi Proyek:
Ada tiga kegiatan utama yang akan dilakukan dalam proyek ini:1. Membuat modul dan pelatihan jurnalisme warga untuk komunikas adat di Kalbar, 2. Membangun Sistem Pemberitan Warga (SPW) menggunakan frontlinesms (frontlinesms.com). Berita dari jurnalis warga ditampung di SPW dan disebarkan ke ponsel para pelanggan. Berita dari jurnalis disiarkan di web site dan di RuaiTV. 3. Menyediakan airtime di RuaiTV untuk hasil kerja jurnalis warga.

Masalah yang ingin diatasi:
1) Masyarakat adat di Kalbar tidak memiliki akses pada informasi penting dan informasi yang mereka butuhkan; 2) Media arus utama (mainstream media) selama ini, karena keterbatasan sumber daya, minim sekali memberitakan persoalan yang dihadapi masyarakat adat.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Membangun Sistem Pemberitaan Warga menggunakan program frontlinesms dan frontlineradio. Jurnalis warga (sudah dilatih) melaporkan berita melalui sms dan berita itu disebarkan kembali ke warga umum, RuaiTV, dan web site RuaiTV.<br /> Pihak yang menerima manfaat adalah komunitas masyarakat adat di Kalimantan Barat.

Ukuran kesuksesan:
Jumlah berita yg diproduksi jurnalis warga dan jumlah berita jurnalis warga yang disiarkan/dipublikasi media arus utama.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas