Men for Others Network

803

803 - Men for Others Network


Nomor:
803

Inisiator:
Yudisthira Alfred Zain

Organisasi:
Yayasan Men for Others

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
DKI Jakarta

Dana:
500 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
2 tahun

Deskripsi Proyek:
“The world has become flatter, the small shall act big. The best company is the best collaborator”. Kami percaya bahwa semua hal besar dimulai dari aksi yang kecil dan sederhana. Kami juga percaya bahwa Indonesia mempunyai banyak “pahlawan” (para pemilik ide) yang telah berkontribusi besar kepada masyarakat melalui aksi nyata mereka. Tetapi dalam pelaksanaannya, mereka sering terbentur dengan berbagai keterbatasan yang ada, bisa dalam bentuk modal, pengetahuan, atau tenaga. Kami melihat bahwa keterbatasan dari para “pahlawan” dapat diatasi apabila mereka memiliki akses kedalam suatu jaringan yang peduli dengan perbuatan mereka. Akar permasalahan yang kami lihat adalah tidak adanya “jembatan” yang kokoh yang berperan sebagai wadah rasa peduli kita terhadap sesama. Pihak yang membutuhkan solusi, pihak yang memiliki ide dan pihak yang ingin membantu harus dipertemukan dengan cara yang mudah dan sederhana. Karenanya Men for Others Network ingin membangun dan mengembangkan media berbasis web, yang berperan aktif dalam masyarakat untuk peduli dan ikut serta dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial. Selain pertukaran informasi, pihak yang berkepentingan dapat mendapatkan akses ke pengetahuan, dana ataupun tenaga. Kita juga bisa meminimalisasi proses “reinventing the wheel” yang sangat mungkin terjadi di berbagai tempat, padahal sudah ada contoh yang berhasil dan dapat dengan mudah dapat ditiru.

Masalah yang ingin diatasi:
Kami percaya banyak “agen perubahan” tumbuh dan mencoba menyelesaikan masalah di lingkungan mereka, dan secara umum mereka menghadapi masalah: (1) Keterbatasan pengetahuan, para agen perubahan mencoba untuk “reinventing the wheels” karna keterbatasan pengetahuan mengenai apa yang terjadi ditempat lain. (2) Keterbatasan dukungan, agen perubahan identik dengan penolakan, karenanya dukungan dibutuhkan untuk menjaga api semangat dan membantu mengaplikasikan ide tersebut. (3) Keterbatasan dana, agen perubahan tidak mempunyai akses ke sumber-sumber dana untuk mendukung kegiatan mereka. (4) Keterbatasan informasi, sedangkan disisi lain banyak pihak dengan skill dan dana, tetapi tidak mendapatkan informasi yang memadai agar mereka dapat berpartisipasi dalam berbagai program yang sesuai dengan “interest” mereka. (5) Keterbatasan kepercayaan, rasa percaya dan karakter harus dibangun dengan solid. Apabila kita dapat membangun kepercayaan tersebut, Men for Others network dapat menjadi “jembatan” yang mengakselerasi partisipasi aktif komunitas dan masyarakat untuk peduli pada sesama.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Website Menforothers.net, adalah sebuah “jembatan” dan media komprehensif; Menforothers forum, merupakan tempat dimana anggota komunitas dan masyarakat berinteraksi; Ideas around the world, merupakan media untuk membagi pengetahuan dan ide, sehingga “best practice” bisa disebarkan untuk membantu memecahkan masalah. Menforothers Resources, dimana kami memberdayakan komunitas untuk berperan aktif dalam berbagai proyek.<br /> 2. Pengembangan Komunitas Menforothers, ‘Individually, we are one drop. Together, we are an ocean’. Kami ingin mengumpulkan “air perubahan” dan menumbuhkan semangat “men for others”. Dengan keragaman yang kita miliki ini komunitas menforothers akan berkontribusi dalam masyarakat dengan cara masing-masing.<br /> 3. Membentuk dan menduplikasi agen perubahan, perubahan adalah hal yang pasti didunia ini. Karenanya kita harus memaksimalkan potensi dari kreatifitas, yang disemangati oleh mimpi untuk menjadi pemimpin yang mau melayani. Karenanya, menforothers sebagai suatu media ingin dapat menginspirasi banyak orang untuk mau peduli, bermimpi, tesenyum dan berbuat untuk masyarakat, dan mengurangi aura negatif yang ada di sekitar kehidupan kita<br /> Pihak yang menerima manfaat adalah masyarakat umum secara luas dan yang akan diuntungkan secara langsung adalah pihak yang memiliki masalah, pihak yang memiliki ide dan berperan aktif di dalam pemecahan masalah tersebut, dan pihak juga yang mempunyai kepedulian dan mau mendukung penyelesaian masalah tersebut baik dalam bentuk waktu, tenaga, dan financial.

Ukuran kesuksesan:
1. Berkembangnya website menforothers.net (secara kuantitatif bisa diukur dari content, kontribusi tulisan, dan aktifitas forum), sehingga dapat menjadi “jembatan” yang kokoh untuk mendukung perubahan.<br /> 2. Berkembangnya komunitas menforothers dalam jumlah individu dan keragaman latar belakang.<br /> 3. Kemandirian komunitas menforothers untuk dapat menghidupi diri secara organisasi<br /> 4. Terbentuknya kepercayaan publik terhadap website dan komunitas sehingga dapat dipercaya untuk dapat mengelola dana kepedulian sosial dari perusahaan yang mendukung komunitas ini.<br /> 5. Rasio kesuksesan dari proyek nyata yang dilakukan oleh anggota komunitas minimal 85%.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas