Gelora Sriwijaya,Ketika Mahasiswa Berkarya

804

804 - Gelora Sriwijaya,Ketika Mahasiswa Berkarya


Nomor:
804

Inisiator:
M Nur Azis

Organisasi:
Lembaga Pers Mahasiswa Gelora Sriwijaya

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Palembang

Dana:
300 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
Januari 2012 – Januari 2013

Deskripsi Proyek:
Proyek ini bertujuan untuk memberikan kesetaraan akses terhadap informasi untuk masyarakat,khususnya warga palembang untuk mengetahui lebih jauh sisi lain dari kehidupan mereka. Proyek ini akan memaksimalkan 3 media yang murah dan bisa diakses secara gratis yaitu melalui bulletin, website, dan mading.

Masalah yang ingin diatasi:
Selama ini informasi termasuk barang tersier karena tidak semua elemen masyarakat dapat menikmatinya.Informasi hanya jadi monopoli warga kelas menengah ke atas.Masyarakat miskin indonesia kurang informasi terhadap dunia luar sehingga kehidupan mereka seperti itu-itu saja dan mereka hidup by default.lemahnya sisi pengembangan dan kemajuan kita tidak terlepas dari sulitnya masyarakat mengakses informasi.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Kami akan mempermudah masyrakat dalam mengakses informasi dengan cara membuat 3 media murah yang dapat diakses siapa saja. Untuk masyarakat miskin yang kesulitan mengakses internet, kami akan membuatkan mading dan mengirimkan artikel minimal sebanyak 10 buah /minggu. Mading tersebut akan kami tempatkan di tempat strategis dimana banyak orang berkumpul,seperti masjid dan kantor sehingga meski mereka tidak punya uang untuk membeli koran atau mengakses internet,mereka tetap dapat mengakses informasi terkini.<br /> Pihak yang menerima manfaat adalah masyrakat miskin yang ada di pinggiran kota Palembang ataupun mereka yang berada di kota namun kesulitan mendapat akses informasi akibat banyaknya beban hidup.

Ukuran kesuksesan:
1. gelorasriwijaya.com masuk peringkat 500 besar indonesia berdasarkan alexa rank sebagai indikator pentingnya situs tersebut.<br /> 2. Bulletin kami terbit seminggu sekali sebanyak 10.000 eksemplar sebagai indikator masyrakat antusias dengan kehadiran bulletin kami dan bulletin akan dibagikan secara gratis (tenntu kami juga akan mengupayakn sponsorship dengan pihak lain)<br /> 3. Ada 300 tempat yang menjadi tempat mading kami di masjid dan tempat peribadatan lainnya di tempat-tempat strategis di Palembang dan sekitarnya.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas