Kabar Baik untuk Indonesia (KBI)

811

811 - Kabar Baik untuk Indonesia (KBI)


Nomor:
811

Inisiator:
Laila Ningtyas

Organisasi:
Institute for Community Behavioral Change (ICBC)

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
DI Yogyakarta

Dana:
NA

Topik hibah:
Kebebasan dan etika bermedia

Masa Aktivitas:
Desember 2011 – November 2012

Deskripsi Proyek:
Kabar Baik untuk Indonesia (KBI) adalah gerakan jurnalisme berperspektif positivisme, bertujuan meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap Indonesia. Liputan meliputi prestasi WNI di kancah internasional, keistimewaan Indonesia, kekayaan budaya dan keanekaragaman hayati.

Masalah yang ingin diatasi:
Etika bermedia belum menjadi pemahaman yang merata, sedangkan tidak semua orang tahu dan bijak dalam mengkonsumsi media. Yang memprihatinkan, gegap gempita informasi ini justru menjadikan masyarakat Indonesia skeptis terhadap pemerintah dan pembangunan. Budaya syak wasangka tumbuh subur, yang dalam waktu dekat akan memicu perpecahan dan mengancam kedaulatan hidup berbangsa dan bernegara. Masyarakat membutuhkan informasi berperspektif positif yang mampu menjadi penyeimbang dan tidak menggerus rasa kebangsaan mereka.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Mengembangkan pendekatan jurnalisme positif berbasis komunitas. Secara operasional, dengan melaksanakan pelatihan jurnalisme beretika, pengembangan portal Indonesiana sebagai pool informasi & konten yang positif, serta Handphone friendly. Materi portal merupakan hasil karya peserta pelatihan.<br /> Pihak yang menerima manfaat adalah pelajar SMA dan mahasiswa yang berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Mereka disiapkan sebagai perintis jejaring yang lebih luas. Penerima manfaat tidak langsung adalah para pengguna internet dan HP, dan masyarakat umum di seluruh Indonesia

Ukuran kesuksesan:
Kehadiran peserta pelatihan, jumlah konten berkualitas yang dihasilkan peserta pelatihan, jumlah file yang diunduh dari portal, jumlah anggota grup, popularitas konten, wawancara kuesioner dengan masyarakat, adanya mitra yang mensupport biaya pengelolaan portal untuk jangka panjang.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas