Media Komunitas

818

818 - Media Komunitas


Nomor:
818

Inisiator:
Ruslan Wiryadi

Organisasi:
NA

Tanggal aplikasi:
16 Sep 2011

Lokasi:
Ubud, Gianyar, Bali

Dana:
90 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
1 tahun (Januari-Desember 2012)

Deskripsi Proyek:
Membuat satu media komunitas berbentuk cetak yang dibagikan gratis untuk kalangan masyarakat di wilayah Kabupaten Gianyar, dimana sebagian besar penududuknya tinggal dipedesaan yang jauh dari akses media (jikapun ada, untuk mengakses informasi/media masyarakat harus mengeluarkan uang, baik itu untuk membeli Koran, maupun untuk mengakses internet). Konten media ini 75% terkait dengan masyarakat local, 25% informasi/berita nasional maupun umum yang menginspirasi dan dapat diterapkan oleh masyarakat. Berita-berita local dipasok oleh penduduk setempat, baik itu pelajar maupun umum yang memiliki minat di bidang tulis-menulis/jurnalisme. 1. Menumbuhkan minat baca untuk masyarakat terutama pedesaan. 2. Memberi kesempatan bagi masyarakat pedesaan untuk memperoleh informasi yang didapat secara gratis. 3. Memberi ruang bagi masyarakat awam yang tertarik di bidang tulis-menulis untuk mengembangkan potensi dirinya, dengan memberi kesempatan memuat tulisan-tulisan mereka dalam media ini. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, akan diberikan pelatihan oleh nara sumber yang berkompeten. 4. Media ini akan dikelola oleh masyarakat setempat dan untuk masyarakat.

Masalah yang ingin diatasi:
1. Bagi kebanyakan masyarakat di Kabupaten Gianyar, yang walaupun terkenal sebagai daerah tujuan wisata internasional, sesungguhnya mayoritas penduduk tidaklah ikut menikmati pendapatan yang layak sehingga membeli Koran untuk mendapat informasi, misalnya, bukanlah suatu prioritas dalam daftar belanja keperluan hidup sehari-hari. Dengan adanya Koran gratis ini, semua masyarakat, terutama di pedesaan, akan dapat mengakses informasi yang selama ini dimonopoli oleh media-media besar dimana kadangkala kepentingan pribadi sang pemilik modal lebih diutamakan.<br /> 2. Umumnya, para penulis, terutama penulis pemula, sulit sekali mendapat ruang untuk mengirimkan tulisan-tulisannya, entah itu terkait dengan teknis maupun isi. Media ini akan mengakomodir para penulis pemula yang berasal dari wilayah Kabupaten Gianyar, khususnya, maupun propinsi Bali pada umumnya. Dengan dimuatnya tulisan-tulisan dalam media ini, tentu akan membangkitkan motivasi mereka untuk terus menulis.<br /> 3. Dengan adanya media ini, akan tumbuh generasi muda yang memiliki minat dibidang tulis menulis.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
1. Membuat media cetak yang akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat di pedesaan.<br /> 2. Memberi ruang melalui media ini untuk memuat tulisan/berita/karangan yang dibuat oleh para penulis pemula, karena standar penerimaan kelayakan sebuah tulisan tidaklah seketat sebagaimana media komersil yang telah mapan.<br /> <br /> <br /> Pihak yang menerima manfaat adalah masyarakat Kabupaten Gianyar khususnya, karena dapat mengakses informasi diluar media utama yang seringkali berita-berita yang ditayangkannya tidak memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat pedesaan dan juga kepada generasi muda yang memiliki minat di bidang tulis menulis.

Ukuran kesuksesan:
Setelah berjalan 1 tahun, media ini dapat membiayai dirinya sendiri dari iklan pelaku usaha lokal di wilayah kabupaten Gianyar, karena target market mereka adalah masyarakat setempat.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas