Pemohon Hibah

Sukarni


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

Dalam proses pembuatan

Media Sosial

FB. IG. WA

Proyek


No. Formulir

17

Judul Proyek

Kain Batik tulis tradisional pewaena alami

Lokasi Proyek

Yogjakarta

Deskripsi Proyek

Saya ingin mempertahankan dan mengembangkan wariasan budaya batik tulis dengan pewarna alami. Saya ingin mendidik generasi muda supaya mampu dan mencintai warisan budaya tersebut mengingat bahwa kondisi sekarang sangat jarang orang bisa dan mampu untuk membuat kain batik tulis, apalagi dengan prosea pewarnaan alami. Mengingat dewasa ini alam sudah sangat tercemar maka saya ingin batik tulis benar benar di kembalikan seperti zaman nenek moyang dulu yaitu batik yang penuh filosofi dan ramah lingkungan. Adapun yang akan saya kerjakan jika saya mendapat hibah ini adalah: 1. Membangun semacam tempat pelatihan dimana konsepnya berbaur dengan alam.. 2.Semakin melengkapi dan mengiventaris asi motif motif batik klasik yang sudah mulai punah dan mereproduksi ulang, serta memasyarakatkan nya. 3. Menyusun buku tentang motif motif klasik yang sudah kami dapatkan. 4. Menanam/ memperbanyak pohon yang bisa digunakan sebagai bahan perwarna alam.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Saya asil dari Lampung, selepas dari SD saya pindah ke Jogja .. Di salah satu sekolah swasta saya mengambil eksul membatik..karena ketertarikan saya pada kain batik tulis.. Seiring nya waktu saya menekuni produksi batik tulis (pewarnakimia). Sampai suatu saat ketika saya mendapat pesenan yang cukup banyak saya mendapat kendala kendala sebagai berikut: 1. Susah nya mencari pembatik karena generasi sekarang tidak lagi tertarik pada pekerjaan membatik. Sebagai contoh sekitar 30 thn yg lalu para pembatik remaja masih banyak. Dan sekarang mereka tidak mau mengajarkan kepada keturunan nya (anak) . sehingga skill membatik ini lama lama akan hilang. 2. Residu dari penggunaan pewarna kimia sangat merusak kesehatan dan lingkungan. 3. Bahwa semakin menghilangnya motif batik tradisional tergantikan dengan motif komtemporer . Padahal motif tradisonal itu setiap goresan nya penuh makna yang adiluhung. 5.Masyarakat sekarang tidak bisa membedakan kain batik..(antara kain batik tulis, kain batik cap dan kain printing bermotif batik)

Masalah yang Diangkat

1. Untuk medidik generasi muda agar lebih / semakin mencintai warisan budaya nenek moyang (bqtik) 2. Mengajak masyarakat untuk back to nature, dengan lebih menguasai dan mencintai produk alami. 3. Mengedukasi masyarat supaya dapat membedakan kain batik .. 4. Seiring dengan pemakaian pewarna kimia yang di impor dari negara lain. Maka tanaman yang menghasilkan pewarna alam yg digunakan oleh nenek moyang sudah sangat berkurang.Dengan ada nya proyek ini maka besar harapan saya untuk reboisasi mengunakan tanaman penghasil warna..

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1.terciptanya generasi baru yang bisa ikut memciptakan batik tulis dengan pewarna alami 2. Proyek ini akan berkesinambungan dengan swadaya.. 3. Akan ada tanaman tanaman baru pewarna alam yang kelak akan bisa di manfaatkan oleh generasi selanjutnya. 3. Lingkungan tempat pelatihan bisa menjadi indikator keberhasilan priyek ini, bahwa batik pewarna alam sangat ramah terhadap lingkungan

Dana Hibah

Rp.150 Juta