Pemohon Hibah

Virdiyas Eka Diputri


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

http://holaspica.com/

Media Sosial

holaspica

Proyek


No. Formulir

47

Judul Proyek

Tur Mini Album "Naik Ke Laut"

Lokasi Proyek

Lampung

Deskripsi Proyek

Proyek yang akan dijalankan ini dalam rangka merilis mini album bertajuk "Naik Ke Laut" dan Tur yang diselenggarakan di beberapa kota di Pulau Jawa dan Bali. Holaspica sudah merilis dua singlenya secara digital di platform seperti Spotify dan iTunes pada Bulan Agustus 2017. Tur di kota-kota seperti Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya dan Bali ini diharapkan bisa mempermudah pesan di dalam album diterima oleh pendengar Holaspica di kota-kota tersebut. Di proyek perjalanan "Naik Ke Laut" ini, seniman bermaksud untuk memproduksi 5 elemen yang menopang keberhasilan proyek tur ini. 4 elemen tersebut adalah: penggarapan fisik mini album sendiri, merchandise berupa T-shirt "Naik ke Laut" (20 persennya keuntungan diberikan kepada taman baca masyarakat di Lampung dan kegiatan bersih pantai), video dokumenter perjalanan tur "Naik Ke Laut", dan Launching party mini album di Lampung (kota Holaspica). Semua ini menjadi satu agenda Tur Mini Album "Naik Ke Laut".

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Holaspica merupakan solois perempuan yang selama 2 tahun mengintegrasikan musik dan kegiatan sosial yang berhubungan dengan Taman Baca Masyarakat dan hal yang berhubungan dengan Laut dan nelayan, menjadi satu jalan cerita yang bisa diolah dan siap didengarkan oleh khalayak. Singer-songwriter bernama Virdiyas Eka Diputri, yang berdomisili di Lampung ini, berupaya agar musik dan kisah 'Naik Ke Laut" nya bisa menyuarakan bahwa perempuan bisa sangat kuat, dan tak mengenal menyerah untuk mewujudkan mimpinya. Mini album ini pun mengisahkan tentang perjalanan pulang dan pergi seseorang yang berlayar di laut lepas, pada malam hari, demi menemukan sesuatu (jati diri/keinginan/mimpi). Ide secara garis besar dari mini album ini diadopsi dari kutipan Ahli Geografi dari Nubian di cerita pendek Edgar Allan Poe berjudul "Eleonora", yakni "venture to the sea of darkness just to see what it might contain". Diharapkan, melalui perjalanan ini, bukan hanya akan memberikan kebaikan bagi Holaspica dan mini albumnya, tetapi juga dapat mengajak pendengar untuk berani mengambil resiko terbesar demi sebuah impian.

Masalah yang Diangkat

Tema masalah yakni produktifitas perempuan di bidang seni. Tentunya dengan seninya, ia seharusnya bisa berbuat lebih untuk lingkungannya. Salah satunya seperti di lagu Holaspica berjudul Naik Ke Laut, ide cerita dari lagu itu sendiri didapat ketika, saya (Virdyas ED), melakukan kegiatan sukarela membantu Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Merdeka di Teluk Betung, Bandarlampung, Lampung. Saat itu, di Kampung Merdeka, terdapat banyak anak-anak berumur 5-15 tahun yang mempunyai kebiasaan mengemis (karena dekat pasar). Namun, dengan adanya Taman Baca Masyarakat yang secara aktif membuat program belajar di kampung tersebut, mereka menjadi lebih memilih untuk belajar di TBM. Saat ini, TBM masih membutuhkan donasi untuk terus mengembangkan program belajar alternatifnya. Oleh karena itu, salah satu elemen di proyek Tur mini album "Naik Ke Laut" yakni pembuatan merchandise, diharapkan 20% dari pemasukan penjualannya bisa diberikan ke TBM.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Perilisan fisik mini album, perilisan merchandise, terselesaikan video dokumenter yang menceritakan seluk beluk selama perjalanan tur mini album "Naik Ke Laut".

Dana Hibah

Rp.70 Juta