Pemohon Hibah

Stefani A. Alouw


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kuratorial

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

58

Judul Proyek

Program pengembangan, pelatihan, dan lokakarya UMKM

Lokasi Proyek

Bali

Deskripsi Proyek

Banyaknya usaha kecil menengah (UKM/UMKM) yang dimiliki serta dibangun oleh wanita Indonesia demi membantu meringankan kebutuhan rumah tangga sehingga keberlangsungannya sangat penting. Masalah yang biasa dihadapi dalam keberlangsungan UMKM adalah pengelolaan keuangan, keterbatasan kemampuan manajemen, keterbatasan pengembangan desain produk serta merek/branding. Saya berkomitmen untuk membantu dalam hal memilih UMKM, menyediakan fasilitator yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan bisnis dan branding.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Begitu banyak wanita Indonesia yang memulai usaha mereka atas nama keperluan rumah tangga namun tidak banyak yang bertahan lama. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor mulai dari kurangnya pengetahuan tentang branding dan desain hingga manajerial dan pemasaran. Atau ada usaha yang sangat baik dalam hal produk namun kurang pemasaran. Atau ada juga usaha yang berjalan baik dalam hal pemasaran namun stagnan dalam hal pengembangan desain produk. Padahal banyak profesional yang dapat membantu mengembangkan merek/produk yang ada, termasuk perlunya wadah untuk bertemu dan saling bertukar gagasan atau pengetahuan. Kolaborasi dan kerjasama diperlukan dari segala bidang untuk memajukan sektor Usaha Kecil Menengah khususnya yang dimiliki dan dibangun oleh para wanita Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Begitu banyak wanita Indonesia yang memulai usaha mereka atas nama keperluan rumah tangga tanpa latar belakang sekolah bisnis ataupun pemasaran sehingga tidak memiliki pengetahuan yang lengkap dari segi pemasaran, manajerial, hingga desain serta pengembangan merek/produk. Hal ini menyebabkan banyaknya merek/produk yang dibuat namun jarang yang bertahan lebih dari 3 tahun. Belum lagi menyebut kematangan produk secara desain, yang dapat diakui secara internasional. Padahal banyak ide yang baik namun lemah dalam hal eksekusi saat produksi. Proyek ini disusun untuk membekali para wirausahawati untuk mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Format yang dibuat pun lengkap dari mulai pemaparan materi hingga praktik dan pendampingan langsung yang akan dilakukan oleh para profesional di bidangnya.

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

Adanya rencana bisnis dari setiap pemilik usaha yang realistis serta inovasi desain produk dan merek yang dapat meningkatkan nilai jual produk.

Dana Hibah

Rp.150 Juta