Pemohon Hibah

Winda Kusuma Ningrum, S.Hum


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

Media Sosial

Instagram : @nok_nda @teaterseribuwajah

Proyek


No. Formulir

68

Judul Proyek

Pentas Monolog Keliling 4 Provinsi

Lokasi Proyek

Lampung, Jakarta, Bali, Lombok

Deskripsi Proyek

Monolog ini berjudul "Akung" karya saya sendiri, Winda K.N, yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang kakek/akung yang diceritakan kembali oleh cucunya. Cerita yang diangkat berdasarkan kisah nyata saya dan kakek saya. Monolog "Akung" ini menggunakan idiom Jawa seperti tembang Jawa dan dialek Jawa. Monolog ini mengangkat budaya Jawa Tengah yang mewacanakan nilai-nilai luhur nenek moyang yang masih sesuai dengan keadaan zaman sekarang, misalnya tata krama, sopan santun, toleransi terhadap perbedaan, menjaga lingkungan. Monolog ini akan dipentaskan di 4 kota dalam kurun waktu 3 bulan yaitu bulan September-November.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Berawal dari kegelisahan saya sebagai generasi muda yang melihat lingkungan atau masyarakat pada zaman ini terutama generasi muda, banyak yang sudah melupakan tata krama, sopan santun serta budaya-budaya karena dianggap sudah kuno dan ketinggalan zaman. Saya ingin membagikan nasehat-nasehat almarhum kakek saya tentang tata krama serta budaya sehingga diharapkan generasi muda memiliki sedikit bekal tentang bagaiman menghormati orang lain, bersosial, bertoleransi dan sebagainya. Selain itu saya ingin membawa budaya Jawa Tengah keluar dan juga mengingatkan kembali kepada masyarakat Jawa khususnya Jawa Tengah yang sudah bermukim di daerah lain (Lampung, Jakarta, Bali dan Lombok)

Masalah yang Diangkat

Semakin lunturnya tata krama serta sopan santun pada generasi muda zaman sekarang ini. Dan semakin maraknya budaya hidup cuek serta antisosial.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Generasi muda semakin memahami akan pentingnya tata krama, sopan santun dan budaya yang sudah semakin dilupakan dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dana Hibah

Rp.40 Juta