Pemohon Hibah

Layung Paramesti Martha


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

3 Tahun

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

1006

Judul Proyek

Workshop Movie Addicted

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

Workshop pembuatan film bertajuk ‘Movie Addicted’ untuk mengajak para generasi muda khususnya perempuan agar lebih aktif berpartisipasi dalam membuahkan karya film pendek. Hasil akhir dari kegiatan workshop ‘Movie Addicted’ adalah memproduksi satu karya film pendek bertemakan perempuan yang akan dipromosikan melalui media online dan direkomendasikan untuk mengikuti berbagai kompetisi film pendek baik di ajang nasional maupun internasional. Film pendek bertajuk ‘Movie Addicted ’adalah kumpulan film pendek hasil karya peserta workshop yang sudah dibagi dalam kelompok kecil (grup discussion). Film pendek ini berdurasi maksimal 7 menit dengan melibatkan seluruh peserta sesuai keahlian (expertise) yang dimiliki dari juru kamera (cameraman, videographer, script writer, talent dan director). Pemberian materi akan diberikan pada hari pertama dan kedua. Selanjutnya, proses produksi film pendek akan dimulai pada hari ketiga sesuai lokasi syuting (setting) yang ditentukan kelompok masing-masing.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Film pendek sebagai salah satu bentuk karya seni sinematografi diproduksi dengan membawa maksud dan pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada penontonnya. Film pendek sebagaimana film-film panjang yang biasa diputar di bioskop, maka pemutaran film pendek biasanya dilakukan secara mandiri melalui event-event khusus. Workshop pembuatan film bertajuk ‘Movie Addicted’ untuk mengajak para generasi muda khususnya perempuan agar lebih aktif berpartisipasi dalam membuahkan karya film pendek. Workshop ini menjadi ajang apresiasi bagi perempuan melalui hasil karya film buah karya dari peserta workshop, memberikan inspirasi tentang kisah-kisah para perempuan dalam sebuah film pendek bagi seluruh peserta dan penikmat film, serta memacu dan memotivasi perempuan lain untuk bisa menghasilkan karya-karya sejenis, bertukar pengalaman tentang proses pembuatan film pendek baik dari proses pra produksi, produksi dan pasca produksi dan mempraktikannya selama 3 hari workshop.

Masalah yang Diangkat

Workshop pembuatan film bertajuk ‘Movie Addicted’ untuk mengajak para generasi muda khususnya perempuan agar lebih aktif berpartisipasi dalam membuahkan karya film pendek. Workshop ini bertemakan sisi lain tentang perempuan yang belum banyak diangkat jadi karya film pendek. Oleh karena itu, hasil akhir dari kegiatan workshop ‘Movie Addicted’ adalah memproduksi minimal satu karya film pendek berdurasi 7 menit bertemakan perempuan yang akan dipromosikan melalui media online dan direkomendasikan untuk mengikuti berbagai kompetisi film pendek baik di ajang nasional maupun internasional.

Durasi Proyek

4 bulan

Indikator Sukses

Mengingat masih minimnya isu atau tema perempuan yang diangkat jadi film pendek, indikator sukses dari workshop Movie Addicted adalah dapat memproduksi minimal satu karya film pendek berdurasi 7 menit bertemakan perempuan yang dapat dipublikasikan langsung oleh semua pihak yang telah berpartisipasi dalam produksi film pendek ini kepada masyarakat luas. Selain itu, indikator sukses lainnya dari kegiatan ini adalah dapat membagi inspirasi tentang kisah-kisah para perempuan dalam sebuah film pendek bagi seluruh peserta dan penikmat film, serta memacu sekaligus memotivasi perempuan lain untuk bisa menghasilkan karya-karya sejenis,

Dana Hibah

Rp.94 Juta