Pemohon Hibah

Dessy Harnaningtyas


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

6tahun

Situs Web

Media Sosial

@trifena_dessy @gauree_beautymorphosa

Proyek


No. Formulir

1050

Judul Proyek

Mahadaya Wastra Untuk Bumi Jepara

Lokasi Proyek

Jepara

Deskripsi Proyek

Sesuai dengan tema yang saya angkat yaitu "Mahadaya Sastra Untuk Bumi Jepara" berarti menunjukkan sebuah kekuatan dan kreativitas hasil kain tradisional Jepara yang mampu untuk membangun kesejahteraan Jepara. Jepara yang merupakan kota Kartini selama ini terkenal melalui kerajinan seni Ukurnya, namun tidak hanya itu Jepara juga memiliki industri lain salah satunya adalah central kerajinan Tenun Troso Jepara yang berpotensi untuk lebih memajukan kesejahteraan masyarakat Jepara. Sebagai Putri Kartini asli dari Jepara yang berprofesi sebagai seorang Desainer saya ingin turut berkarya membangun Jepara melalui karya tangan saya untuk mengolah hasil kerajinan tenun troso ini menjadi sebuah pakaian-pakaian ready to wear yang memiliki daya jual tinggi baik itu baju casual, cocktail, evening, bahkan menjadikannya baju-baju pengantin modifikasi modern. Dengan latar belakang saya yang memang dilahirkan di bidang fashion dan saya juga sebagai Sarjana Tata Busana, saya ingin turut membangun Jepara melalui talenta yang saya miliki. Ibu seorang single parent, saya dan ibu hidup dari hasil menjahit sehingga hal mengenai fashion telah mendarah daging dalam diri saya. Saya ingin di Indonesia ini bukan hanya batik yang terkenal bukan hanya batik yang dijual di pasaran luas tapi saya berharap tenun Troso Jepara juga bisa memenuhi kebutuhan fashion di Indonesia tercinta ini.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Saya menanam mimpi untuk menciptakan karya seni busana menggunakan tenun troso Jepara ini sejak pertama kali saya memenangkan lomba fashion design membuat busana kerja dari Bahan tenun Troso Jepara, bertepatan pada hari diresmikan nya Troso sebagai kain khas Jepara. Saat itu saya masih duduk di bangku SMK yang memang sudah mengambil bidang Tata Busana. Sejak saat itu saya bermimpi suatu hari nanti saya akan berkarya membesarkan nama Jepara melalui karya saya yaitu menjadikan Tenun Troso menjadi busana yang indah yang berdaya jual tinggi. Telah banyak prestasi di bidang fashion yang saya kumpulkan demi mendapatkan bekal untuk mewujudkan mimpi saya. Saya memang ingin fokus memproduksi busana yg berbahan dasar Tenun Troso. Melihat masyarakat Jepara sendiri belum banyak yg fokus memproduksi Tenun Troso menjadi produk siap pakai, kebanyakan tenun troso dikenal dan dijual dalam bentuk bahan mentah/masih kain belum siap pakai, oleh karena itu saya ingin turut ambil bagian untuk menjadikannya produk siap pakai melalui workshop yang saya kelola. Produk ini akan dijual baik secara online maupun offline dan juga akan diperkenalkan melalui fashion show setiap kali ada event show di kota manapun itu agar hasil rancangan saya ini semakin dikenal luas maka semakin besar juga nama Tenun Troso Jepara.

Masalah yang Diangkat

Belum adanya Butik atau rumah produksi yang khusus memproduksi pakaian ready to wear berbahan dasar tenun troso membuat saya ingin menciptakan rumah produksi tersebut, menciptakan lapangan kerja baru yang fokus mengolah bahan mentah tenun troso menjadi pakaian siap pakai yang berdaya jual tinggi. Saya mulai benar-benar menekuni dunia fashion selama 13 tahun mulai dari saya masuk ke SMK Tata Busana dan kemudian 2008 saya berjuang untuk mendapatkan beasiswa Compassion demi mendapatkan gelar Sarjana Tata Busana di UNY, saya lulus tahun 2012. Saya berusaha merintis karir saya sejak masih kuliah tanpa berbekal modal sedikitpun karena keterbatasan finansial orangtua saya. Oleh karena itu saya ingin berjuang untuk membahagiakan ibu saya, saya tidak ingin kami dipandang remeh sebagai penjahit biasa, tapi melalui pendidikan yg saya tempuh saya ingin berjuang bersama ibu berkarya demi kesejahteraan keluarga juga demi membangun Jepara tercinta. Sembari kuliah saya sambil menerima jahitan yang saya kerjakan setiap pulang kuliah. Gauree adalah brand saya selama 6th, namun karena keterbatasan dana mimpi saya untuk menciptakan karya busana ready to wear tenun troso untuk dijual dan di fashion show kan juga belum terwujud karena kurangnya alat yang mendukung, kurangnya dana untuk membeli bahan mentah dan kurangnya tenaga kerja.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. Mampu membangun workshop/rumah produksi yang fokus memproduksi pakaian berbahan dasar tenun Troso Jepara untuk penjualan online maupun offline dengan segala alat dan bahan yang memadai. 2. Membangun lapangan kerja baru bagi masyarakat Jepara karena saya akan merekrut tenaga kerja untuk memproduksi rancangan saya. 3. Mengadakan Fashion Show untuk memperkenalkan hasil rancangan saya sehingga tenun troso semakin dikenal luas dan dapat memperluas jaringan marketing.

Dana Hibah

Rp.150 Juta