Pemohon Hibah

Nur Jihan Shohwatul Islam


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

4 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://jihanstreet.wordpress.com

Media Sosial

@jihanstreet

Proyek


No. Formulir

107

Judul Proyek

I Am Not Property - Stop Sexual Harassememt and Violence

Lokasi Proyek

Padang, Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, semarang, Surakarta, Yogjakarta, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Makassar.

Deskripsi Proyek

Saya adalah seorang pelajar di sebuah kampus seni yang senang melakukan perjalanan seorang diri. Karena kesenangan saya tersebut saya sempat beberapa kali mengalami pelecehan seksual di angkutan umum. Perempuan tidak akan pernah merasa aman karena ingin menjadi dirinya sendiri. Begitu pula yang saya alami. Banyak sekali orang-orang diluaran sana yang berpandangan bahwa perempuan yang suka pergi sendiri, keluar malam-malam, perokok dan suka minum minuman beralkohol berarti dia nakal. Tubuhnya bebas dijamah dan dinikmati. "Siapa suruh pakai pakaian yang terbuka!! Siapa suruh bajunya nggak sopan!!" Pernyataan demikian yang sering sekali saya dengar sehingga membuat saya terus gelisah, yang sayangnya pernyataan tersebut tidak hanya jeluar dari mulut laki-laki tetapi dari perempuan kepada perempuan lain. Dengan adanya proyek ini saya berharap dapat meneliti dan mengumpulkan data yang akurat mengenai cerita pengalaman pelecehan/ kekerasan seksual yang menimpa perempuan. Proyek ini juga merupakan sebuah bentuk perlawanan bahwa perempuan punya hak kuasa atas dirinya. Bahwa tubuhnya adalah otoritasnya. Bukan semata-mata properti yang bisa dijamah dan dinikmati seenaknya yang kemudian dapat divisualkan dalam bentuk komik, stencil, juga wheatpaste.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Karena saya pernah mengalamai pelecehan seksual di tempat umum berupa buah dada saya hampir diremas oleh salah seorang kenek bus AKAP ketika saya melakukan perjalanan. Dan saya yakin diluar sana masih banyak teman-teman perempuan yang juga pernah tertimpa hal yang sama namun lebih memilih bungkam karena menganggap pelecehan / kekerasan seksual yang dialami merupakan sebuah aib yang tabu untuk diceritakan. Karena diluaran sana masih banyak yang mempersalahkan perempuan yang tidak berjilbab, memakai celana pendek, baju yang katanya mengundang syahwat. Meskipun jelas-jelas perempuan tersebut menjadi korban pelecehan / kekerasan seksual oknum pemuja nafsu binatang dan penyembah selangkangan. Berjilbab atau tidak. Bergamis atau tidak. Celana panjang atau pendek wanita akan tetap menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual.

Masalah yang Diangkat

Mengajak teman-teman perempuan yang pernah mengalami pelecehan/ kekerasa seksual diluaran sana untuk tidak lagi bungkam. Dan sadar bahwa perempuan memiliki hak otoritas penuh terhadap hidup dan dirinya. Mengajak untuk lebih perduli dan saling jaga kepada teman atau kerabat yang pernah mengalami tidak pelecehan / kekerasan seksual.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. 5 cerita yang akan divisualkan menjadi komik. 2. Buku dokumentasi pelecehan / kekerasan seksual terhadap wanita (termasuk 5 cerita yang divisualkan menjadi komik) 3. Tour karya stencil dan wheatpaste yang akan dilakukan di beberapa kota.

Dana Hibah

Rp.150 Juta