Pemohon Hibah

Silvia Anggreni Purba


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://www.youtube.com/watch?v=mrCiCzHgMjc

Proyek


No. Formulir

1109

Judul Proyek

Pementasan Teater "ANA BERBICARA"

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Proyek ini adalah pementasan teater yang bekerjasama dengan seniman dari luar negeri. Saya akan bekerjasama dengan sebuah kelompok yang bernama MADArT Performance. Teks dalam pertunjukan ini terinspirasi dari mitos Yunani tentang Eurydice dan kemudian dihubungkan dengan Perempuan Indonesia. Perempuan yang biasanya identik dengan kerapuhan, tak punya kuasa, objek dari hasrat laki-laki kini dihadirkan sebagai Perempuan yang keluar dari bayang-bayang , perempuan yang mampu berbicara dan tampil. Perempuan-perempuan ini adalah sosok yang digambarkan memiliki latar belakang yang berbeda dari ibu rumah tangga sampai pelacur, namun mereka keluar menjadi sosok yang mencintai, berani berbicara, dan keluar dari bayang-bayang. Mereka adalah perempuan masa kini, perempuan yang berbicara tentang identitas mereka sendiri. Pementasan ini akan menggabungkan video instalasi dalam konsep penggarapannya. Dokumentasi tentang kehidupan perempuan Indonesia khususnya dihubungkan dengan gaya berpakaian dan pengaruhnya terhadap identitas. Kolaborasi dengan MADArT sendiri akan memasukkan film dokumenter yang berjudul "A Piece of Mine," dimana dalam film ini bercerita tentang perempuan dan laki-laki di Berlin, India dan Indonesia yang membagikan cerita mereka tentang penggunan penutup kepala dalam kesehariannya, stigma dan perlakuan yang diskriminatif terhadap pakaian yang dikaitkan dengan agama atau pilihan terhadap gaya hidup yang akhirnya bermuara pada identitas pribadi.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Gagasan ini muncul dari keterlibatan saya dalam kelompok (Lembaga Teater Perempuan) yang menyuarakan suara perempuan dalam setiap pementasan. Karya cipta perempuan dari sisi perempuan adalah teks yang menurut saya suatu bentuk ekspresi yang nyata. Fenomena gaya hidup perempuan Indonesia yang juga turut berubah (semakin banyak yang memakai hijab/penutup kepala) memberikan impuls rasa ingin tahu tentang alasan dibalik perubahan gaya berpakaian. Apa dan bagaimana dampak perubahan ini terhadap personaliti seseorang? MADArT telah melakukan proses penelitian dan dokumentasi terhadap hal yang sama dalam karya cipta mereka yang dilakukan di Berlin dan India. Bersamaan dengan kepentingan pementasan ini akan melakukan penelitian, wawancara, dan pendokumentasian di Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Tema dalam pementasan teater ini adalah Perempuan dan Keperempuanan, yang ditinjau dari gaya hidup, gaya berpakaian, pemikiran para perempuan. Dikaitkan dengan agama, moralitas dan pilihan pribadi yang berujung pada makna dari identitas.

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

ANA BERBICARA adalah sebuah naskah yang dibuat berdasarkan wawancara, dokumentasi, dan opini tentang perempuan sehingga diharapkan nantinya menghasilkan: naskah, pementasan teater, dan diskusi. Harapannya dari apa yang dilakukan mendapatkan feedback dari para perempuan dan masyarakat umum.

Dana Hibah

Rp.137 Juta