Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

1142

Judul Proyek

WOMEN WHO MOVE

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

WOMEN WHO MOVE adalah instalasi ruang yang terinspirasi oleh cerita-cerita perempuan yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan alasan yang dipicu oleh rasa takut dan penindasan. Karya ini akan menggambarkan pemindahan dan kebingungan tetapi juga keberanian dan kekuatan. Karya ini menyoroti relasi dan kaitan langsung antar kejadian di masa lalu, sekarang dan masa depan dan juga fluiditas dari pengalaman emosional internal manusia yang melampaui waktu dan ruang. Ide proyek ini adalah menggabungkan desain arsitektur dan koreografi tari untuk mengeksplorasi relasi dan konflik antara tubuh dan geometri, atau dalam hal ini, pengalaman manusia dan lingkungannya. Ruang membentuk gerak - gerak melengkapi ruang. Proyek ini akan mengeksplorasi lebih lanjut cara-cara kontemporer untuk menciptakan lingkungan yang merangsang panca indra. Sebuah proposisi berbasis penelitian yang seksama dan cermat akan sangat diperlukan untuk menciptakan pengalaman berbeda yang mendalam, terutama dalam hal menciptakan ruang yang berhubungan dengan tema emosional dan sensitif. WOMEN WHO MOVE mendorong pengunjung untuk merenungkan gagasan yang kompleks seperti hubungan antara wanita, masyarakat dan sejarah dan perbedaan antara diri, tubuh, gerakan dan desain ruang.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

WOMEN WHO MOVE adalah bagian dari sebuah inisiatif yang bernamakan Museum Memorial Mei 1998 (MMM98). MMM98 adalah sebuah desain arsitektur untuk mendokumentasikan sejarah serta mengenang korban Tragedi Mei 1998 di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk mewujudkan budaya mengingat dan memahami sejarah pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan (stakeholders) untuk memastikan dialog berkelanjutan sebagai warisan bagi generasi berikutnya. Proyek ini menerapkan desain arsitektur inovatif, ruang publik kontemplatif terpadu serta konten / program museum berasas pendidikan yang direncanakan dengan baik dan berjangka panjang. Banyak dari kita memahami arti penting dan begitu pula tantangan dari institusi semacam ini. Oleh karena itu kami percaya bahwa perlu untuk mengembangkan strategi desain dengan pendekatan yang berkelanjutan, kreatif dan komprehensif; yang mencakup koalisi dari berbagai pemangku kepentingan, pendanaan kolaboratif, sebuah payung komunikasi dan pendidikan; dan solusi desain multi-disiplin. Kami percaya pada langkah-langkah kecil untuk menciptakan hal-hal besar. WOMEN WHO MOVE sangat esensial untuk menyoroti dan untuk terus mengingatkan masyarakat, terutama generasi muda, tentang isu-isu perempuan di negara ini - menjamin dampak positif dari kedua hal, yaitu solusi desain terbangun dan propagansi ide-ide yang mendasarinya.

Masalah yang Diangkat

- Kekerasan terhadap wanita - Ketidaksetaraan gender - Menolak lupa sejarah pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

- Jumlah kehadiran yang tinggi. - Skala publikasi yang luas - Memobilisasi inisiatif atau proyek serupa lainnya - Menciptakan dialog baru dengan para pemangku kepentingan yang relevan dalam merancang (masterplaning) sebuah gedung museum / memorial.

Dana Hibah

Rp.940 Juta

Stephanie Larassati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Situs Web

www.stephanielarassati.com

Media Sosial

IG @stephanielarassati; IG @largoarchitects