Pemohon Hibah

Ririn Ayu Mariana


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

www.aksarayana.id

Media Sosial

https://www.storial.co/profile/nyonyatua

Proyek


No. Formulir

1161

Judul Proyek

Pledging

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Proyek ini akan memperkenalkan cara baru memasarkan karya seni serta memberikan penghasilan tambahan untuk para kreator. Kami membuat platform berdasarkan konsep Patreon yang disesuaikan dengan iklim lokal. Kami menawarkan dua sistem untuk proyek ini: 1. Pledging. Konsep sistem pledging ; kreator menunggu sampai karyanya didukung sesuai dengan target biaya produksi. Setelah itu, baru karya itu diproduksi dan didistribusikan kepada pada pendukung yang memberikan dukungan berupa uang. Kreator juga memberikan hal lain yang unik dan menarik sebagai imbal-balik untuk menarik perhatian pendukung. 2. Sponsorship. Sistem ini berupa dukungan langsung dengan memberikan dana kepada kreator yang disukainya sesuai dengan kemampuan pendukung tanpa target tertentu. Kreator tetap bisa memberikan imbal-balik dengan bonus-yang hanya bisa didapatkan oleh orang yang memberikan dukungan. Kedua sistem ini tetap memberikan akses kepada penikmat karya untuk menikmati apa yang dibuat oleh kreator. Hanya saja, khusus untuk pendukung, mereka diberikan nilai lebih. Sistem ini memberikan keuntungan dua arah. Untuk para kreator, mereka akan mendapatkan support secara langsung dari penikmat karyanya, belajar untuk berinteraksi dan dituntut menjadi semakin kreatif dalam berkarya. Untuk pendukung, mereka dapat memilih kreator dan karya yang mereka sukai serta dapat memberikan dukungan secara langsung. Budget yang diminta akan digunakan untuk membangun, maintenance, dan promosi platform.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Kesulitan pemasaran karya bagi para kreator di Indonesia yang tidak memiliki wadah untuk memasarkan karyanya. Di negara kita, wadah yang dapat menampung karya para kreator sekaligus memberikan penghasilan terhitung sangat jarang. Hal ini sangat berbeda dengan sistem di luar negeri yang meiliki wadah untuk menampung karya para kreator sekaligus memungkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu contoh wadah untuk menampung kreator dan memberikan penghasilan dengan cara donasi adalah Patreon. Patreon merupakan membership platform yang menampung kreator dalam berbagai segmen seperti youtube videographers, seniman webcomic, penulis, podcasters, musisi, ilustrator, animator, game developers, dan banyak lainnya. Kesuksesan Patreon dapat dilihat pada jumlah kreator yang menelurkan karya setelah donasi terkumpul. Pada bulan Mei 2017, Patreon mengumumkan kalau mereka memiliki lebih dari 50.000 kreator aktif dengan satu juta pembeli setiap bulan dan tercatat telah mengirimkan 150 juta USD untuk kreator di tahun yang sama.

Masalah yang Diangkat

Kita perlu sistem dukungan untuk kreator di Indonesia, terutama kreator perempuan yang membuat karya seni dari rumah. Sistem yang bisa memangkas jalur distribusi untuk pemasaran karena tidak semua karya seni bisa dipasarkan karena bentuknya kadang digital, misalnya; video, lagu, komik digital, dan sebagainya. Wadah yang menyediakan tempat untuk berkreasi serta memberikan jalan lain bagi para kreator untuk menjual karyanya. Wadah itu bisa terbentuk jika terdapat akses antara kreator dan penikmat karya seni secara langsung. Sehingga wadah ini menjadi tempat yang akan memberikan penghasilan secara langsung pada para kreator langsung dari penikmat karyanya. Saya ingin membuat satu wadah untuk menampung karya para kreator sekaligus mencari lahan pemasaran untuk para kreator ini. Dengan sistem ini diharapkan kreator akan mendapatkan penghasilan dan terus berkarya. Sementara itu, penikmat karya bisa berkontribusi untuk memberikan dukungan pada para kreator kesayangannya.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Kesuksesan dapat dilihat dari jumlah penjualan dan donasi yang diperoleh oleh para kreator; sesuai dengan target untuk pembuatan masing-masing karya atau tidak. Kami akan mencoba menjalankan dua sistem dukungan di waktu yang bersamaan, memberikan dukungan berupa publikasi dan promosi, kemudian berusaha mencapai dukungan sesuai target yang ditentukan di awal dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing karya.

Dana Hibah

Rp.125 Juta