Siaran Pers

Penerima Hibah

Saartje Sylvia


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

42 tahun

Situs Web

-

Media Sosial

Facebook Sylvia Saartje ,instagram: sylviasaartje

Catatan Juri


Dana yang diturunkan: Rp.100 Juta

Salah satu dari sedikit penyanyi rock perempuan yang aktif adalah Sylvia Saartje. Ia melewati berbagai fase naik-turun kehidupan kepenyanyiannya, yang pada suatu masa telah memperkaya sudut pandang tentang hubungan antara kepenyanyian dan keperempuanannya. Untuk merayakan hal tersebut, kami berharap bahwa Sylvia Saartje membuat sebuah pertunjukan yang akan mengetengahkan nyanyian-nyanyian pilihan dari beberapa dasawarsa karirnya, didukung penceritaan berbagai pengalaman dan peristiwa yang ikut mengubah berbagai sudut pandangnya tersebut.

Proyek


No. Formulir

1163

Judul Proyek

Pentas Kolaborasi Sylvia Saartje

Lokasi Proyek

Jawa Timur

Deskripsi Proyek

Penampilan satu buah lagu karya Sylvia Saartje yang mengangkat warna musik tradisional yang dikolaborasikan dengan music modern. Lagu tersebut berjudul “Pulau Ku” dengan durasi sekitar 30 menit yang akan merupakan lagu terpanjang di dunia. Pementasan akan dimulai dengan pembacaan kurasi karya oleh seorang Budayawan kemudian diikuti dengan intro lagu. Akan dibacakan juga naskah dari daun lontar peninggalan Kerajaaan Singosari, dipertengahan lagu akan tampil tokoh-tokoh perempuan pemuka berbagai agama untuk menyampaikan pesan perdamaian. Acara akan dilangsungkan di pelataran Candi Jago yang dibangun pada jaman Kerajaan Singosari dan pernah dipugar pada jaman Kerajaan Majapahit.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Sylvia Saartje memiliki satu lagu yang mengangkat music etnik tradisional Jawa yang selama ini belum pernah ditampilkan di depan masyarakat. Merujuk dari 12 Rumusan Konferensi Musik Indonesia untuk menndorong ekosistem musik etnik melalui pertukaran musisi antardaerah, kepastian keberlanjutan lingungan dan SDM, serta pemberlakuan mekanisme pembagian manfaat yang layak atas segala bentuk pemanfaatan musik etnik.

Masalah yang Diangkat

Indonesia memiliki banyak ragam suku dan budaya akan tetapi akhir-akhir ini banyak peristiwa yang terjadi justru disebabkan perbedaan suku, agama dan ras. Oleh karena itu pentas ini bertujuan merajut keragaman dan semangat kebhineka tunggal ika. melalui pentas kolaborasi music etnik dan modern. Melibatkan peran perempuan dari berbagai komunitas.

Durasi Proyek

4 bulan

Indikator Sukses

• Menyatunya berbagai unsur : Musik,Tari, dan Sastra dalam Satu Pertunjukan. • Ada Karya berwujud MP3 maupun Audiovisual guna edukasi dari Proses hingga pertunjukan. • Pementasan dihadiri oleh banyak penonton. • Pementasan diliput oleh banyak media

Dana Hibah

Rp.250 Juta

Selamat Kepada Penerima Hibah