Pemohon Hibah

Dina Novita


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Contoh Karya

Situs Web

dinanroes.wixsite.com/profile

Media Sosial

instagram.com/dinaroes

Proyek


No. Formulir

118

Judul Proyek

Rumah dan Masakannya

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

Rumah dan Masakannya adalah dua hal yang sulit untuk dipisahkan, setiap keluarga pasti memiliki masakan favorit dengan rasa yang identik dan berbeda dari keluarga lainnya. Masakan keluarga dan sang juru masak akan menjadi fokus saya pada proyek yang akan saya masak menjadi sebuah buku dan foto. Dalam buku dan foto ini, saya akan menceritakan 10 keluarga yang memiliki budaya yang berbeda dengan masakan favorit yang berbeda dan kehidupan keluarga yang unik dengan segala permasalahan di dalamnya. Buku dan foto ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya sebuah masakan rumah yang sebenarnya terlihat sepele, namun penuh nilai berharga. Rasa cinta yang diberikan pada masakan oleh sang juru masak merupakan hal yang sering terlupakan. Bagi saya, buku dan foto merupakan media bertutur yang sangat romantis dan saya berharap melalui buku ini, masyarakat khususnya yang berada di Ibu kota bisa kembali makan bersama keluarganya dengan menghargai karya sang juru masak.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Masakan rumah sebenarnya tidak terasa penting bagi sebagian orang karena masakan tersebut mudah ditemui di rumah makan atau restoran. Namun kita sering lupa bahwa ada satu bahan yang tidak akan pernah kita jumpai pada masakan yang dijual oleh rumah makan atau restoran, yaitu cinta. Masakan rumah selalu dimasak dengan penuh cinta oleh si pemasak, yakni Ibu ataupun asisten rumah tangga. Mereka akan memasak dengan penuh perasaan dan harapan agar masakan itu dapat membahagiakan seluruh anggota keluarga. Masakan rumah akan terasa sangat dirindukan ketika kita berada sangat jauh dari rumah atau sang juru masak telah tiada. Saya gelisah ketika mendengar para ibu yang sedih sehingga tidak lagi mau memasak di rumah, akibat kesibukan seluruh anggota keluarga dan membuat mereka lebih memilih untuk makan di luar rumah dan menjadikan rumah sebagai tempat peristirahatan semata.

Masalah yang Diangkat

Saya telah melakukan riset mengenai hal ini sejak tahun 2012 dan merasa bahwa masakan rumah sangatlah penting. Saya ingin mengangkat sudut pandang para juru masak di beberapa keluarga yang berbeda mengenai masakan favorit keluarga dan yang terjadi di meja makan keluarga mereka. Mulai dari resep yang identik dari masakan keluarga, konflik di rumah yang bisa diselesaikan dengan masakan, momen tertentu yang selalu menyajikan masakan tersebut hingga apa yang dirasakan oleh sang juru masak ketika mereka tidak bisa memasak dalam kondisi tertentu. Sebenarnya masalah yang diangkat sangat biasa kita temui namun nilai cinta yang ada di dalamnya jarang ada yang bisa melihatnya. Dan akan menjadi sangat luar biasa ketika saya bisa menceritakannya kembali melalui tulisan saya dan foto sebagai media saya untuk menangkap rasa cinta itu.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Buku dan foto ini akan berhasil ketika buku ini dapat terbit dan diterima oleh banyak pihak.

Dana Hibah

Rp.67 Juta