Pemohon Hibah

Kartini C P Sitanggang


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

4 Tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

instagram : @ibukartini

Proyek


No. Formulir

1183

Judul Proyek

Mengembalikan Komunitas Tenun Ulos Desa Parbotihan

Lokasi Proyek

Desa Parbotihan Kecamatan Onan Ganjang Kab Humbang Hasundutan Sumatera Utara

Deskripsi Proyek

Upaya mengembalikan komunitas tenun di desa parbotihan yang sempat ada namun berhenti karena keterbatasan dana dalam membeli bahan. Ibu samosir sebagai ketua dan pengajar para penenun yang beranggotakan 20 orang masyarakat sekitar,mengutarakan bahwa dia ingin komunitas tenun ini hidup dan berkembang,karena jika hanya dengan bertani tidak akan cukup untuk menghidupi dan menyekolahkan anak karena pertanian kurang menjanjikan. Ibu Samosir berprinsip bahwa kehidupan anak harus lebih baik daripada kehidupan orang tuanya. Saya dan tim akan membantu Ibu Samosir untuk menghidupkan kembali komunitas tenun di desa nya dan melakukan pendampingan dengan menghadirkan tenaga professional.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Regenerasi penenun di daerah Humbang khususnya di Onan Ganjang desa parbotihan,menjaga tradisi adalah kewajiban generasi muda jadi kita membuat pendampingan pelatihan penenun di desa itu yang dulunya sudah ada komunitas tetapi berhenti karena keterbasan dana.Selama ini penenun adalah ibu-ibu rumah tangga (usia 30 keatas),tetapi saya dan tim saya ingin mengajak dn membuat pelatihan bagi anak SMA agar menjaga pelestarian tradisi.Presiden Jokowi sudah menggalakn pariwisata khusunya di kabupaten-kabupaten yang masih ada disekitar danau toba,salah satunya di Humbang Hasundutan.Jadi ketika pariwisata di Humbang berkembang,otomatis hasil tenun yang ada di onan ganjang desa parbotihan ini akan di pasarkan di daerah wisata.Humbang Hasundutan punya hasil tenunnya sendiri dan tidak mengambil tenun dari daerah lain.

Masalah yang Diangkat

1.Keterbasan dana membeli bahan / benang 2.Tidak ada perhatian dan dukungan dari pemerintah 3.Ketika bahan tidak memadai mereka kembali bertani untuk menambah pemasukan rumah tangga. 4.Mereka menjual hasil tenun hanya sekitaran pasar lokal 5.Sebenarnya beberapa alat sudah ada tetapi keterbasan bahan membuat komunitas ini berhenti

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat membantu Ibu Samosir dan komunitas nya untuk dapat berkarya dan terus berkembang,sehingga taraf hidup di desa parbotihan semakin meningkat. Setelah pendampingan selesai diharapkan Ibu Samosir dan komunitas dapat melanjutkan kegiatan menenun nya dalam jangka yang panjang,dikarenakan selain melakukan pendampingan dalam pendanaan saya dan tim juga akan melakukan pelatihan secara professional dalam hal manajemen penjualan.

Dana Hibah

Rp.161 Juta