Pemohon Hibah

andi citra pratiwi


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

4 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.acitrapratiwi.com

Media Sosial

@phinityy dan @tusiwork adalah dua kegiatan yang sedang saya jalankan sekarang. Di @phinityy sebagai project leader, dan di @tusiwork sebagai project secretaryphinityy dan @tusiwork adalah dua kegiatan yang sedang saya jalankan sekarang. Di @phinityy sebagai project leader, dan di @tusiwork sebagai project secretary

Proyek


No. Formulir

1210

Judul Proyek

Science Camp for Future Women

Lokasi Proyek

Kota Makassar

Deskripsi Proyek

Science Camp for 21st Century Citizen bertujuan meningkatkan kemampuan kemampuan literasi sains remaja perempuan sebagai generasi yang akan memegang peran penting di masa mendatang, khususnya dalam khususnya dalam memanfaatkan pengetahuan yang mereka miliki untuk mengambil keputusan yang tepat terkait peningkatan kesehatan. Science camp akan dilaksanakan selama tiga hari untuk siswa sekolah menengah di Kota Makassar. Hari pertama digunakan untuk memberi pengetahuan tentang nutrisi, fisiologi dan kesehatan manusia dan lingkungannya melalui aktivitas dan diskusi. Hari kedua digunakan untuk menyajikan science games yang dirancang untuk melatih siswa memanfaatkan pengetahuan yang telah mereka miliki untuk mengambil keputusan yang tepat dalam kondisi tertentu yang telah ditentukan oleh panitia kegiatan namun merefleksikan kondisi nyata yang sering ditemui di masyarakat. Kegiatan tersebut meliputi: (1) Pemilihan pasta gigi yang tepat, (2) Pemilihan perawatan badan dan wajah yang tepat, (3) Pemilihan pola makan yang tepat, (4) Kecintaan terhadap lingkungan, dan (5) Penilaian terhadap informasi berbasis sains. Pada hari ketiga, siswa akan diberi tantangan untuk membuat campaign tentang pemanfaatan pemahaman sains dalam pengambilan keputusan yang tepat dengan memanfaatkan sosial media. Melalui rangkaian aktivitas tersebut, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk pemanfaatkan pemahaman sains dalam pengambilan keputusan yang tepat sehingga mendukung kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Perkembangan masyarakat dewasa ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan sains dan teknologi. Karenanya, kemampuan individu dalam memanfaatkan pengetahuan sains dalam pengambilan keputusan yang tepat terkait isu-isu sosiosaintifik di lingkungan masyarakat menjadi sangat penting. Kemampuan ini, disebut juga kemampuan literasi sains. Literasi sains merupakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. Hal ini ditekankan oleh AAAS (2014), bahwa tanpa pemahaman konsep sains yang memadai, seseorang tidak akan menyadari potensi yang dimiliki sains dalam meningkatkan kesejahteraan hidup. Salah satu konsep sains yang penting untuk dimiliki dalam pengambilan keputusan yang tepat di masyarakat adalah pemahaman tentang nutrisi, fisiologi tubuh manusia, serta bagaimana nutrisi dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Dengan pemahaman tersebut, individu dapat menilai bagaimana produk yang mereka gunakan dapat memberi pengaruh bagi kesehatan dan juga lingkungan sekitar. Dalam proyek ini, dipilih lima hal yang dianggap paling dekat dengan kehidupan masyarakat dan dapat memberi pengaruh besar dalam upaya peningkatan kesehatan, yakni pemilihan pasta gigi yang tepat untuk kesehatan gigi, pemilihan produk perawatan badan dan wajah untuk kesehatan tubuh, pemilihan makanan sehat, pemeliharaan kesehatan lingkungan, serta pemilihan sumber informasi yang dapat dipercaya. Kemampuan individu, khususnya perempuan, dalam melakukan kelima hal tersebut dengan baik dapat mendukung kesuksesanya dalam menjadi warga dunia sehat dan produktif.

Masalah yang Diangkat

Hasil pengukuran literasi sains anak-anak umur 15 tahun di Indonesia oleh PISA (2015) menunjukkan kemampuan literasi sains anak-anak Indonesia masih berada di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan capaian anak-anak di negara anggota OECD lainnya. Hal ini perlu menjadi perhatian, karena pemahaman konsep sains penting untuk pengambilan keputusan yang tepat di era yang sangat depengaruhi oleh perkembangan sains dan teknologi dewasa ini. Perempuan adalah salah satu kelompok masyarakat yang penting untuk memiliki kemampuan literasi sains. Hal ini dikarenakan banyak produk-produk komersial yang menempatkan perempuan sebagai sasaran pemasaran. Tidak sedikit produk kecantikan yang dijual dengan harga mahal dengan memanfaatkan klaim penelitian. Di masyarakat, ada beberapa brand minuman kecantikan yang diklaim dapat memberi efek lebih putih. Hal ini menarik perhatian saya, karena banyak wanita dewasa yang ramai-ramai membeli, meskipun pada produk tidak ada keterangan jumlah zat yang diklaim dapat memberi efek yang diinginkan tadi. Dengan pemahaman kemampuan literasi sains yang memadai, mereka akan dapat menilai berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan dan dengan harga yang wajar. Upaya peningkatan literasi sains perempuan juga dapat memberi efek yang lebih luas di masa mendatang, mengingat posisi mereka sebagai calon ibu yang akan menjadi pendidik bagi anak-anak dan keluarga mereka.

Durasi Proyek

4 bulan

Indikator Sukses

Pengukuran keberhasilan Science Camp for Future Women dilakukan dengan memberi pretest dan posttest kepada peserta. Program Science Camp dikatakan sukses jika: 1. 90% peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam menjelaskan tata cara perawatan kesehatan gigi 2. 90% peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam menjelaskan tata cara perawatan badan dan wajah 3. 90% peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam menjelaskan tata cara pemilihan makanan sehat 4. 90% peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam menjelaskan tata cara pemeliharaan lingkungan 5. 90% peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam menjelaskan tata cara penilaian kedibilatas berita tentang hasil penelitian

Dana Hibah

Rp.79 Juta