Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

1215

Judul Proyek

Sanggar Origami Indonesia Peduli Wanita

Lokasi Proyek

Bandung Raya/ Jawa Barat

Deskripsi Proyek

Sebagai bentuk nyata turut berkontribusi kepada negri dg Menyelenggarakan pendidikan Kekeluargaan (parenting), Pelatihan Keterampilan Seni Melipat Kertas (Origami) dan pembinaan keagamaan kepada masyarakat wanita, agar tercipta wanita sehat, terampil, mandiri dan berbudi luhur. Karena wanita adalah sekolah pertama bagi anak-anak yang notabene adalah cikal bakal pewaris bangsa di masa depan.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Melihat masyarakat di sekitar kami tinggal, terutama masyarakat dengan sosio ekonomi menengah ke bawah, fenomena kerusakan moral konsumsi roko dan minuman keras di kalangan anak dan remaja, perceraian, lingkungan yg kotor, warga yang sakit-sakitan, kesulitan biaya menyekolahkan anak, pola makan dan gaya hidup yg tidak beraturan, dlsb. Gambaran2 tersebut sudah sangat mengkhawatirkan. Harus ada pihak yang turun tangan menyelamatkan sebelum.kerusakan semakin parah dan meluas.

Masalah yang Diangkat

Melaksanakan bbrp upaya utk penyadaran dan perbaikan dari kondisi buruk menjadi baik dan lebih baik lagi. Bentuk upaya nya adl. Sbb: 1. Pembinaan mll pendekatan agama, kembali pada aturan hidup yang benar, agar ibadah dan akhlak membaik. 2. Penyuluhan, edukasi kesehatan dan terapi holistik utk pengobatan penyakit fisik.dan psikis (baksos) 3. Pelatihan keterampilan Origami membuat karya seni layak jual (suvenir) Ketiga upaya ini dilaksanakan 2 pekan sekali di sanggar/rumah pada tingkat kelurahan yang dikelola oleh 5 org kader yang telah mengikuti pelatihan intensif dan komprekensif selama 2hr. Sedangkan para kader, akan dikutsertakan dalam pelatihan & penyuluhan bagi kader SOI Peduli Wanita bersama-sama dengan 5 kader yg didelegasikan oleh 60 kecamatan yang tersebar di ko/kab bandung, cimahi dan bandung barat selama 2hr, totall peserta 300org. Kebutuhan utama: 1. Persiapan seleksi kader (1 bln) 2. Pelaksanaan Pelatihan & Penyuluhan kader SOI Peduli Wanita selama 2hr per wilayah 75org x 4 wil (1 bln) 3. Akomodasi nara sumber sebanyak.5org selama 6bln 4. Sewa tempat uyk pelaksanaan pembinaan dan penyuluhan kpd masyarakat wanita selama 6bln 5. Modal awal membuat karya origami (suvenir) layak jual,

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

1. Berkurang nya angka kenakalan remaja di lingkungan pasca jalan nya SOI Peduli Wanita 2. Ibu-ibu rumah tangga rutin mengikuti majlis talim sebagai tempat pembinaan selanjut nya, baik bidang pendidikan maupun penyuluhan & baksos kesehatan 3. Ada nya aktifitas ekonomi (ada cash flow) yang dilaksanakan dalam pendampingan sampai betul2 mandiri 4. Masyarakat sehat dan bahagia. Satu sama lain terjalin hub harmonis antar warga. Jimlah yang sakit berkurang.

Dana Hibah

Rp.402 Juta

Fajar Ismayanti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

15 tahun

Situs Web

www.sanggar-origami.com

Media Sosial

SanggarOrigami MayaHirai (instagram)