Pemohon Hibah

TAJRIANI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

7 tahun

Situs Web

http://tajrianithalib.blogspot.co.id/

Media Sosial

@taaj_rianithalib

Proyek


No. Formulir

1275

Judul Proyek

Tobaine Mandar (Perempuan Mandar)

Lokasi Proyek

Daerah Pesisir Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Deskripsi Proyek

Tobaine Mandar merupakan sebuah proyek pementasan dengan konsep kontemporer. Ide pementasan ini terinspirasi dari keseharian perempuan Mandar yang hidup di pesisir pantai, mulai pada saat masih kanak-kanak, remaja, pranikah, hingga menjadi seorang ibu. Aktivitas sehari-hari perempuan Mandar sebenarnya sederhana, tetapi sentuhan kontemporer, untuk merumuskan bentuk pertunjukan yang menggabungkan musik, tari dan teater dengan iringan musik tradisional khas suku Mandar dipadu dengan musik modern akan mewujudkan simbol audio visual yang tepat. Keseharian perempuan Mandar selalu terkait dengan praktik kearifan lokal, maka dalam pementasan ini juga akan menampilkan kearifan lokal masyarakat suku Mandar yang khusus dilaksanakan oleh perempuan. Dalam proyek ini akan ada kolaborasi dari beberapa profesi seperti fotografer, videografer, peneliti, penulis dan para seniman yang semuanya adalah sumber daya manusia lokal yang berpengalaman. Selain pementasan akan dihasilkan pula booklet yang berisi informasi berupa foto-foto dan deskripsi tentang pementasan. Terdapat beberapa ide pementasan yang kemungkinan masih bisa dikelola di antaranya yaitu: permainan rakyat, Sayyang Pattuqdu (kuda menari), pandoeang (prosesi mandi sebelum menikah), massaulaq (prosesi khusus ibu hamil), miapi (memasak), peodoang dan manetteq (meidurkan anak dan menenun), pittepeang (penantian). Karena terdapat beberapa paket pementasan, maka jumlah personil dari masing-masing segmen pementasan akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Aktivitas sederhana pun sebenarnya dapat menjadi sebuah karya, aktivitas yang dimaksudkan dalam karya ini adalah kegiatan khas yang dilaksanakan oleh perempuan Mandar, terutama inisiasi dan proses patangan pribadi perempuan Mandar, namun hal ini nyaris tidak.pernah diperhatikan, apa lagi dieksplor, padahal sesungguhnya hal tersebut justru berperan besar dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Aktivitas yang dijadikan sebagai sebuah karya dan ditunjukkan pada sebuah pementasan untuk menyadarkan banyak orang bahwa sesungguhnya hal yang sederhana itu adalah sesuatu yang istimewa dan menyadari peran besar perempuan dalam kehidupan.

Masalah yang Diangkat

Berawal dari rasa takjub pada perempuan-perempuan ibu rumah tangga yang juga bekerja serabutan demi keluarga. Setiap pagi dari bangun tidur, merapikan rumah lalu mengurus anak, memasak untuk makan siang, seringkali bekerja lalu pada malam hari kembali menyiapkan makan, dan mengurus kebutuhan keluarga. Peran perempuan begitu banyak dalam keluarga, dalam masyarakat. Namun seringkali, perempuan yang dianggap tidak memiliki karir yang baik disepelekan. Seorang ibu rumah tangga yang survive dengan kehidupannya yang monoton, setiap hari melakukan pekerjaan yang sama, segala sesuatu yang terus berulang, pemandangan yang selalu sama. Rumah, dapur, suami dan anak-anak. Bagaimana mungkin mereka bisa bertahan? bagaimana cara mereka tetap menikmati hari-harinya? Apa yang ada di dalam pikiran mereka? Tujuan dari pementasan ini adalah menumbuhkan kesadaran pada masyarakat bahwa para perempuan dengan status ibu rumah tangga adalah mereka yang memiliki kesabaran luar biasa, yang menjamin segala sesuatu tetap terkontrol dan berjalan baik dalam keluarganya, kesadaran tentang urgensi vital perempuan.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Hasil akhir dari pelaksanaan program yakni, pementasan yang akan dilaksanakan di Sulawesi Barat. Namun, pada perkembangannya konsep pementasan yang akan dihasilkan dapat pula dipentaskan pada event-event nasional dan internasional sebagai salah satu cara menginformasikan kultur Mandar kepada masayarakat luas. Selain itu terdapat pula booklet, foto serta video yang dapat diakses baik secara langsung, mau pun daring. Semuanya bertujuan untuk menginformasika karakter perempuan Mandar dan hal unik dari mereka kepada masyarakat luas.

Dana Hibah

Rp.55 Juta