Pemohon Hibah

YULIKA INDRAWATI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

5 TAHUN

Contoh Karya

Situs Web

https://imajipapua.wordpress.com/

Media Sosial

You Tube Channel (Yulika Anastasia), Facebook Page: https://imajipapua.wordpress.com/ (Yulika Anastasia Journals) Instagram:@yulika_anastasia2

Proyek


No. Formulir

166

Judul Proyek

FILM DOKUMENTER "MAMA NOKEN"

Lokasi Proyek

Jayapura, Wamena, Merauke

Deskripsi Proyek

Film ini mengangkat kisah nyata perjuangan Mama Asli Papua dalam melestarikan noken. Noken bukan sekedar barang jualan tetapi memiliki makna filosofi didalamnya, terkait dengan cara hidup dan budaya Papua. Film dokumenter dengan durasi 30 menit ini menggambarkan bagaimana mama Papua berjuang dipinggir jalan berjualan "tas tradisional" Papua. Mereka bukan hanya menadah panas dan hujan tapi berjuang melawan kompetitor lainnya yakni "tas bermerk" yang dijual di mall dan trend "mode" yang menyerbu generasi muda. Di sisi lain noken menjadi simbol budaya tentang persatuan dan kehidupan. Merajut noken ibarat merajut kehidupan. Nah, eksistensi Mama Papua dalam merajut noken kehidupan vs modernitas inilah yang akan dikupas dalam film ini.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Saya melakukan pengamatan, penulisan dan wawancara mengenai kehidupan Perempuan Papua, khususnya mengenai Noken. Kaum perempuan Papua pada dasarnya adalah pekerja keras. Mereka berjuang berjualan noken di pinggir jalan dengan menggelar tikar, terkadang sambil mengasuh anak - anaknya. Sementara mereka berada ditrotoar, semakin tahun situasi disekelilingnya semakin berubah. Semakin banyak pertokoan dan bangunan megah berdiri di sekitarnya sementara mereka masih tetap berjualan di trotoar jalan. Kondisi ini tentunya membuat trenyuh, ada sesuatu yang keliru/ salah. Gap ini harus diisi agar di kemudian hari gap ini tidak menimbulkan kesenjangan sosial. Sebagai seorang perempuan, dan sebagai jurnalis, saya rindu melihat kaum perempuan maju dan sejahtera di bidangnya masing - masing.

Masalah yang Diangkat

Kisah perjuangan Pengrajin Noken yang notabene adalah mama - mama Asli Papua. Mereka perlu mendapatkan sentuhan baik dari pemerintah, LSM, maupun pemerhati persoalan perempuan. Mama Noken membutuhkan uluran tangan untuk membantu mereka baik dari sisi pengetahuan tentang bisnis mikro, penguatan kapasitas terkait dengan strategi pemasaran, dan bantuan lain yang diperlukan sehingga noken bukan sekedar menjadi souvenir khas Papua, namun "lebih branded".

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Master Film Dokumenter Mengikutkan Film Dokumenter dalam Festival Film Dokumenter Pemutaran Film Dokumenter & Seminar Film digunakan untuk mendorong kebijakan afirmasi di tingkat pemerintah provinsi Papua melalui SKPD terkait

Dana Hibah

Rp.350 Juta