Pemohon Hibah

Chyntia Pinky Jullianti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

6 Tahun

Situs Web

chyntiapinky.tumblr.com dan chyntiapinky.wordpress.com

Media Sosial

-

Proyek


No. Formulir

180

Judul Proyek

Paradise of Art

Lokasi Proyek

Kota Bandung

Deskripsi Proyek

Paradise of Art merupakan suatu rangkaian acara dengan teater kolosal sebagai acara puncaknya. Acara ini akan melibatkan 7 cabang kesenian, yaitu: Sastra, teater, musik, seni rupa, tari tradisional, dan fotografi dan cinematografi. Dimana keterlibatan sastra adalah sebagai penulis naskah teater dan juga teatrikal puisi yang nantinya akan diselipkan di tengah-tengah pertunjukan teater seperti halnya cabang kesenian yang lain. Teater kolosal ini akan mirip dengan teater musikal, namun dalam hal ini unsur musik hanya sebagai penunjang dan tidak terlalu mendominasi. Sedangkan untuk rangkaian acara yang dimaksud antara lain adalah: pameran seni 2D (foto dan seni rupa 2D), malam-malam puisi yang merupakan acara pembacaan puisi dengan mengundang sastrawan-sastrawan lokal, pentas musik indie, dan juga screening film yang akan dipandu oleh ahlinya. Acara ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 dan merupakan salah satu festival seni terbesar kota Bandung. Maka dari itu saya sangat berharap agar mendapatkan bantuan untuk dapat terlaksananya acara tersebut. Proposal dan rincian lebih lanjut dapa saya kirimkan jika anda berkenan.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Saya beserta beberapa teman yang juga merupakan para pencinta seni dari berbagai bidang, sangat ingin untuk mengapresiasi seni-seni oleh pelaku seni feminis yang terdapat di lingkungan sekitar. Dalam hal ini, kami tidak hanya ingin untuk sekedar menampilkan karya seni kami sendiri, namun juga memberikan wadah kepada seniman-seniman feminis lain agar dapat turut serta menampilkan hasil cipta karyanya dalam satu rangkaian acara, yang dimana tercetuslah sebuah acara bernama Paradise of Art. Saya selaku penggagas memiliki keinginan besar, agar nantinya acara Paradise of Art ini dapat menjadi suatu ajang apresiasi seni berupa menampilkan hasil karya cipta agar dapat dinikmati oleh masyarakat. Terkhususnya bahwa karya-karya seni yang dibuat oleh perempuan mampu dan layak untuk ditampilkan dengan berbagai karya seni lainnya.

Masalah yang Diangkat

masalah utama yang terdapat di lingkungan saya adalah kurangnya apresiasi masyarakat terhadap kesenian, hal ini dikarenakan kurangnya wadah bagi para pelaku seni itu sendiri untuk menampilkan karyanya.

Durasi Proyek

1 bulan

Indikator Sukses

Paradise of Art merupakan acara tahunan yang telah berlangsung selama 9 (sembilan) tahun. Namun, pada tahun-tahun sebelumnya acara ini hanya menampilkan teater kolosal saja. Hal ini karenakan beberapa kendala yang dimana salah satunya adalah perihal keterbatasan biaya. Meskipun demikian, Pada tahun ini, saya sangat ingin untuk mengubah konsep acara tersebut menjadi suatu festival seni yang benar-benar berfungsi sebagai wadah bagi pelaku seni dalam berbagai bidang. Pelaku seni yang dimaksud adalah pelaku seni untuk wilayah Bandung dan sekitarnya, terutama komunitas-komunitas seni di kota Bandung. Pencapaian utama dari kegiatan ini adalah harapan agar para pelaku seni semakin tertantang untuk membuat suatu karya-karya seni lainnya dan mampu mengembangkan bakat serta kemampuannya. Selain itu diharapkan masyarakat pada umumnya dapat menikmati suguhan yang diberikan Paradise of Art ini sehingga membentuk sikap-sikap kompetitif untuk saling berpacu menghasilkan karya-karya baru.

Dana Hibah

Rp.100 Juta