Pemohon Hibah

Amelia Qusnina


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

2 tahun 6 bulan

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://www.instagram.com/qusnina

Proyek


No. Formulir

187

Judul Proyek

SRIKANDI TEKNIK BERKARYA

Lokasi Proyek

Jember, Yogyakarta, Bali, DKI Jakarta.

Deskripsi Proyek

: Proyek ini bertujuan untuk mengajak wanita-wanita dari Fakultas Teknik untuk berani berkarya dan menunjukkan kepercayaan dirinya di tengah keterbatasan pengetahuannya di bidang seni. Keterbatasan itulah yang menyebabkan beberapa mahasiswi dari Fakultas Teknik di Jember kurang percaya diri dalam menunjukkan bakat dan kemampuannya. Oleh karena itu proyek ini akan mengajak beberapa wanita dari fakultas teknik untuk bertemu, melakukan diskusi atau wawancara serta belajar langsung dari seniman-seniman terkenal yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah Eko Nugroho, Eddie Hara, Entang Waharso dan beberapa seniman lain yang ada di Bali, Jogja, dan DKI Djakarta. Tindakan lebih lanjut adalah membuat pameran, dan workshop yang bertujuan untuk membagikan ilmu dan pengalaman yang didapat kepada masyarakat secara gratis. Dengan terwujudnya pameran, akan menunjukkan bahwa wanita dalam lingkup teknik yang umumnya minoritas (karena hampir 85% adalah laki-laki) serta kental akan sains dan teknologi mampu berkarya dan menunjukkan kepercayaan dirinya dalam bentuk lukisan/seni rupa.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Saya dan adalah seorang mahasiswi jurusan Teknik Mesin, saya sangat suka sekali melukis. Didalam dunia teknik kita sama sekali tidak diajarkan untuk berkesenian atau menjadi seorang seniman. Sehingga saya berupaya untuk belajar seni dari suatu komunitas/ organisasi. Ternyata rasa cinta saya terhadap seni lukis semakin besar ketika bertemu dengan berbagai orang yang juga suka berkesenian. Dari orang-orang tersebut saya belajar dari cerita dan pengalaman mereka mengenai makna dari berkesenian. Namun saya tidak puas hanya dengan memperoleh ilmu dari satu lingkup saja. Saya ingin belajar banyak hal, mulai dari seni lukis, seni patung, seni instalasi dan banyak lagi guna memperkaya literatur dalam berkesenian.

Masalah yang Diangkat

1. Keterbatasan ilmu yang dimiliki wanita di Lingkup non seniman atau lingkup Teknik untuk menghasilkan karya seni yang baik dan berkualitas. 2. Dalam lingkup non seni, berkesenian masih dipandang sebelah mata dan memiliki sedikit dukungan untuk melakukan pertunjukkan atau pameran. 3. Pelajaran yang biasanya hanya didapat dari pengalaman seniman-seniman lokal (yang masih sesama mahasiswa) dirasa belum cukup untuk terus mengembangkan bakat yang dimiliki sehingga wanita-wanita di teknik dapat menunjukkan kehebatannya dalam berkarya.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

1. Telah melakukan Pameran dan Workshop Seni Rupa di daerah Jember yang dihadiri paling sedikit 500 orang, serta minimal 100 peserta workshop. 2. Mempublikasikan Video wawancara dengan seniman-seniman yang ditemui dan menguploadnya ke Youtube, Instagram dan Facebook 3. Melakukan kegiatan melukis bersama pada kain sepanjang 20 meter, dengan mengajak berbagai kalangan masyarakat yang ada di Jember, sehingga dengan hal ini wanita di teknik dapat menunjukkan kepercayaan diri dan mampu bekerja sebagai penggerak suatu massa melalu seni rupa.

Dana Hibah

Rp.30 Juta