Pemohon Hibah

R Ruh Hayati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

7 tahun

Situs Web

Media Sosial

FB : Ati Bachtiar Instagram : Ati Bachtiar

Proyek


No. Formulir

209

Judul Proyek

Melacak Jejak Telinga Panjang #2

Lokasi Proyek

Jogjakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur , Kamboja

Deskripsi Proyek

Melakukan pendokumentasian data dan visual generasi terakhir wanita suku dayak yang bertelinga panjang dan melacak jejak sejarah dan legenda yang berkaitan dengan nya.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Berbicara soal kodrat wanita tidak bisa lepas dari soal kecantikan. Persepsi kecantikan wanita terus bergulir sepanjang masa sejalan dengan latar belakang kebudayaannya. Kaum Bangsawan di Eropa pada abad 18 menilai kecantikan wanita dari postur tubuhnya yang gemuk dan berlemak sementara di abad milenium bergeser menjadi tubuh yang kurus tinggi berdada bulat. Diantara berbagai persepsi kecantikan yang ada di dunia, tidak banyak yang memiliki persepsi kecantikan yang unik. Seperti leher panjang di Thailand, Kaki mungil di China, Mulut lebar di Afrika dan Telinga Panjang di Kalimantan Indonesia. Sosok patung hampatong bertelinga panjang di Museum Nasional Jakarta yang diperkirakan berasal dari Abad ke-16 atau relief di candi borobudur di abad 8 membuktikan bahwa Budaya telinga panjang telah berlangsung selama berabad-abad. Namun perubahan jaman telah menggeser identitas dan persepsi kecantikan suku dayak yang semula semakin panjang telinga semakin cantik menjadi telinga sebagaimana adanya. kini tidak ada lagi generasi yang mau meneruskan budaya memanjangkan telinga. Keunikan budaya dayak sesungguhnya adalah bukti dari kekayaan budaya Indonesia

Masalah yang Diangkat

Perjalanan kisah kecantikan wanita dayak yang telah berlangsung berabad-abad telah terancam keberadaannya. Tidak ada lagi generasi penerus yang mau melanjutkan budaya telinga panjang. Perlu kiranya di lakukan pendokumentasian data dan visual sebagai bukti sejarah bahwa bangsa Indonesia pernah mempunyai kebudayaan yang unik. khususnya yang dimiliki oleh kaum wanita dayak di Kalimantan. Sejak kapan kira kira budaya memanjangkan telinga panjang mulai dilakukan ? Dimana saja budaya ini pernah dilakukan ?

Durasi Proyek

2 bulan

Indikator Sukses

Reaksi positif bagi pemerhati sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Dana Hibah

Rp.150 Juta