Pemohon Hibah

Nirmala Puspa


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

2016 Menari di Kongres Perkerisan se-Indonesia, Gedung Sungging Prabhangkara, 2017 Sinden Di Pembukaan Pmeran Keris TMII Jakarta bersama Sanggar Seni Semesta Bersua Surakarta

Situs Web

www.jendelaruang.tumblr.com

Media Sosial

instagram : jendelaruang / sanggarwasesonugroho

Proyek


No. Formulir

215

Judul Proyek

Waseso Nugroho

Lokasi Proyek

Blitar, Jawa Timur

Deskripsi Proyek

Waseso Nugroho adalah sebuah gerakan ruang belajar kesenian yang melibatkan masyarakat Karangsari dan sekitarnya dengan fokus usia pelajar. gerakan kesenian didalamnya meliputi teater, seni rupa, mengenal serta menonton film sebagai media kebudayaan, taman baca swadaya masyarakat, serta gerakan-gerakan lainnya yang mendorong masyarakat untuk lebih peduli dengan kebudayaan tradisi asli Blitar dan pemberdayaan lingkungan.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Karangsari merupakan kampung di Kota Blitar yang terkenal dengan kampung Blimbing, selain itu Karangsari juga memiliki banyak potensi kesenian yang ada. misalkan, seni tari, seni rupa, dan seni teater. namun dari banyak potensi kesenian yang ada tersebut dalam anak-anak pelajar khususnya justru masyarakat tidak begitu menyerap potensi yang ada sehingga potensi kesenian di karangsari sulit berkembang, dan tertinggal jauh oleh kampung lain di kota maupun kabupaten Blitar. dI Jakarta terdapat sanggar teater Tanah Airku asuhan Jose Rizal Manua, sanggar tersebut sangat maju, karena selain dikota besar anak-anak disana terarahkan oleh orang tuanya untuk mengikuti kesenian daripada digunakan untuk hal-hal yang tidak menunjang proses kratif pengembangan anak. kalau Sanggar Teater Tanah Airku besar dengan teaternya, namun Sanggar Waseso Nugroho cukup berperan banyak ke masyarakat karena selain seni teater juga terdapat kesenian yang lain seperti seni rupa, apresiasi film, dan taman baca masyarakat swadaya. oleh karena itu sanggar waseso nugroho ada di karangsari untuk mewadahi, mengembangkan potensi kesenian yang ada, dan meningkatkan spirit berkesenian.

Masalah yang Diangkat

minimnya pendidikan karakter diluar sekolah, menyusutnya pengenalan kearifan lokal yang bersuara dengan seni, sehingga mendorong Sanggar Waseso Nugroho di Karangsari untuk meningkatkan jalan belajar pendidikan karakter diluar sekolah, pengenalan kearifan lokal. bukan sebagai bentuk kita melawan seni dan media era digital namun sebagai alternatif dan ruang anak-anak untuk mengenal dunia mereka yang sewajar dan usianya.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

proyek ini akan berjalan sangat sukses karena Sanggar Waseso Nugroho dibantu dengan aktifis kampung karangsari dan beberapa teman untuk bergotong royong bersama menjadikan anak-anak kampung karangsari pada khususnya dan sekitarnya berkarakter baik mengenal seni dan budaya kearifan lokal Blitar

Dana Hibah

Rp.60 Juta