Pemohon Hibah

Noor Sudiyati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

28 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

instagram.com/noorsudiyati

Proyek


No. Formulir

233

Judul Proyek

Pencarian dan Pemersatuan Energi Perempuan Pengeramik

Lokasi Proyek

Jawa Tengah (Magelang, Semarang, Surakarta) dan Daerah istimewa Yogyakarta (Kota Yogyakarta, Bantul)

Deskripsi Proyek

Menghidupkan kembali (melestarikan) pembuatan keramik, baik yang masih bersifat tradisi yang biasa dikerjakan oleh para perempuan usia lanjut-uzur, maupun keramik yang berkembang secara modern. Saat ini, tidak banyak yang tertarik untuk melestarikan keramik tradisi, pengundi lanjut usia seolah merasakan kesendiriannya dan putus asa. Di sisi lain muncul beberapa seniman muda keramik perempuan yang berangkat dari akademisi. Dalam proyek ini Mempertemukan Perempuan pengeramik dari kalangan pengundi lanjut usia hingga pengeramik muda dalam berbagi ilmu dan pengalaman, berkarya antara lintas generasi. Merayakan dan mempersatukan mereka dalam menciptakan karya, workshop, seminar, tutorial serta berpameran bersama. Lokasi yang dipilih yaitu pengeramik dari Jawa Tengah (Semarang, Magelang, Solo,) dan Yogyakarta, sasaran: perupa keramik yang masih studi, mahasiswa keramik, perupa keramik, dan Pengundi yang sudah lanjut usia. Dengan harapan kesepahamam lintas generasi perempuan pengeramik Indonesia muncul menjadi motivasi dan energi terbarukan.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Para pembuat keramik tradisi (pengundi) perempuan usia lanjut dan uzur, paruh baya tersebar di berbagai pelosok daerah. Namun mereka jarang ada penerusnya, sehingga pengundi usia lanjut merasa kesendiriannya dan pupus. Kini banyak pengeramik perempuan muda dari akademisi berusia muda dengan karya karya modern. Alangkah baiknya berbagai kalangan pengeramik lintas umur tersebut dipertemukan agar dapat mencair dan saling berbagi serta saling menganyam pengalaman. Negeri ini memilki tehnik dan keunikan serta material yang sangat kaya dalam peradaban keramiknya. Bertemunya lintas generadi tersebut akan memberikan hal baru. Anyaman , penghayatan dan pengetahuan keramik dari lintas generasi diharapkan bisa mengisi jeda dan menyambung benang merah kesepahaman kodrat sebagai perempuan berkarya.

Masalah yang Diangkat

Proyek ini diharapkan mampu : 1. Menyambung benang merah kesepahaman dalam berolah tanah liat ( keramik ) yang potensial menjadi karya kreatif, mulai dari: fungsi, elemen estetis, maupun artwork sebagai ekspresi personal. 2. Mensosialisasikan karya- karya pengundi lanjut usia hingga perupa keramik muda yg memiliki kesepahaman mengolah tanah dari berbagai belahan Bumi. 3. Membangkitkan motivasi perempuan -perempuan berkarya, baik yang berusia lanjut, paruh baya, para muda, dan generasi kini. 4. Mendorong pemberdayaan Ekonomi perempuan pemgeramik Indonesia.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

1. Pelestarian peradaban pembuatan keramik oleh pengundi (pekerja seni keramik) pada semua rentang usia dan generasi. 2. Publikasi penyelenggaraan pameran karya- karya keramik lintas generasi turut menambah deretan panjang bukti munculnya energi-energi seni di Indonesia. 3. Terciptanya karya- karya dengan semangat baru, kebersamaan dan kesadaran akan nilai-nilai seni dan kreatifitas. 4. Kebersamaan yang tercipta untuk saling memotivasi sehingga menumbuhkan semangat berkarya yang akan menjadi modal keteladanan bagi masyarakat luas dan akan berdampak terhadap kesejahteraan ekonomi.

Dana Hibah

Rp.166 Juta