Pemohon Hibah

Claudia Febriani Djenadut


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

8 tahun

Situs Web

http://www.ranalino.id/search/label/Drama%20Musikal?m=1?&max-results=7

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

238

Judul Proyek

Pentas Sendratari "Loke Nggerang : Free Will"

Lokasi Proyek

Manggarai-Flores-NTT

Deskripsi Proyek

Proyek ini adalah proyek pentasan sendratari. Tetapi di sini sendratari yang dimaksud tidak full naskah dimainkan dengan tarian melainkan drama yang di setiap scene nanti ada tariannya. Dalam proyek ini saya akan berkolaborasi dengan penulis naskah, sutradara, dan penata musik, sementara yang akan menjadi koreografer dan asisten sutradaranya adalah saya sendiri.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Gagasan ini terbentuk atas dasar adanya keinginan untuk menampilkan sebuah seni pertunjukan yang jarang sekali terjadi di Manggarai dengan mengangkat isu perempuan. Saya pribadi sebagai perempuan ingin menyuarakan hak perempuan dengan cara saya sendiri yaitu melalui seni. Sudah banyak perempuan di Manggarai yang menjadi korban pelecehan seksual. Saya melihat ini terjadi karena banyaknya orang, termasuk perempuan itu sendiri belum menghargai hak perempuan. Laki-laki merasa boleh melakukan apa saja karena dia 'laki-laki' dan perempuan pasrah saja karena dia 'perempuan' dan masyarakat melakukan pembiaran karena dia 'laki-laki' dan dia 'perempuan'. Saya sebagai ibu dari 1 putri juga berharap dengan disetujuinya proyek ini akan menjadi awal dari suara, karya, dan pertunjukkan-pertunjukkan lain perempuan di Manggarai.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang diangkat dalam pentasan ini adalah bagaimana perempuan juga memiliki keinginannya sendiri dan berani mati untuk mempertahankan haknya. Terinspirasi dari cerita rakyat Manggarai berjudul Loke Nggerang, seorang perempuan cantik yang berani mati setelah menolak untuk menjadi istri ke-2 dari Raja Bima.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. Terangkatnya salah satu isu perempuan 2. Adanyanya pentas seni budaya yang jarang diadakan di Manggarai

Dana Hibah

Rp.68.5 Juta