Pemohon Hibah

Ainun Mardhiah, Spd


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

http://nyonyatakur.blogspot.co.id/

Media Sosial

https://www.facebook.com/ainun.mardiah.587

Proyek


No. Formulir

243

Judul Proyek

Dokumentasi Obat Tradisional Karo: "Kem-kem"

Lokasi Proyek

Sumatra Utara

Deskripsi Proyek

Saya ingin membuat Dokumentasi teknik pembuatan obat tradisioan Karo: "Kem-kem". Saya akan melakukan kunjungan dan wawancara kepada para pembuat obat tersebut . Mendata Tanaman apa saja yang digunakan, Komposisi dan teknik membuatnya. Melakukan kunjungan dan wawancara mendalam kepada para ahli pengobatan Karo. Mendokumentasikan proses pembuatan obat. Mengumpulkan informasi khasiat obat dari sudut pandang penggunanya.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Kem-kem merupakan jenis obat tradisional yang secara turun temurun di gunakan oleh masyarakat Sumatera Utara, berasal dari tanah Karo. Kem-kem biasanya di gunakan oleh masyarakat Sumatera Utara untuk obat demam, patah tulang dan yang lainnya. . Banyak jenis tanaman lokal yang digunakan untuk membuatobat ini, serta banyak juga jenis pengolahannya. Setiap keluarga yang memiliki kemampuan pengobatan Kem kem memiliki ciri khas nya tersendiri. Sayangnya, teknik Pembuatan bahan Obat tradisional ini tidak memiliki dokumentasi yang baik. Cenderung di teruskan secara turun menurun dan menjadi rahasia keluarga. Akibatnya pengobatan ini menjadi tidak berkembang dengan baik, dan dikelola secara tradisional saja. Jika tidak dilestarikan, jenis pengobatan ini cenderung akan punah. Saya berkeinginan untuk melestarikan resep pengobatan tradisional ini agar tetap dapat dimiliki untuk masa depan.

Masalah yang Diangkat

Rendahnya informasi ilmiah tentang jenis tanaman yang digunakan pengobatan tradisional "Kem-kem Data Jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan. Komposisi dan proses pembuatan obatnya. Publikasi tentang jenis pengobatan tradisional Karo : "kem-kem"

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Adanya Buku Dokumentasi Pengobatan Tradisional Karo : Kem-Kem Adanya Video proses pembuatan obat tradisional Karo di unggah di Youtobe Adanya situs website tentang Pengobatan tradisional karo

Dana Hibah

Rp.140 Juta