Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

251

Judul Proyek

Zine Ekspresif Perempuan Muda dengan Persoalan Psikologis

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Proyek ini bertujuan untuk menyusun zine tematik yang merupakan hasil karya, refleksi, dan perjalanan proses anggota kelompok perempuan muda yang berjuang mengelola persoalan psikologis dalam kelompok dukungan (support group). Kelompok dukungan ini akan memiliki aktivitas pengelolaan diri yang menyenangkan dan kreatif yang didampingi tim profesional psikolog. Adapun persoalan psikologis yang secara spesifik diangkat adalah tema kecemasan, stres, serta depresi dan trauma. Direncanakan akan disusun tiga zine sesuai dengan persoalan psikologis yang dialami. Zine akan dikemas dengan ringan, bahasa sederhana dan menarik dengan harapan lebih mudah dipahami oleh banyak pihak. Zine ini diharapkan menjadi alternatif ‘self help’ bagi para perempuan muda di Indonesia yang mengalami kondisi psikologis negatif akibat pengalaman kehidupan sehari-hari.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Berbagai kebiasaan masyarakat maupun norma dan nilai di masyarakat dewasa ini mudah berkembang menjadi tekanan psikologis tersendiri bagi perempuan. Nilai khas perempuan dalam konteks budaya maupun perkembangan konsep perempuan di masyarakat juga ternyata berpotensi menimbulkan tekanan psikologis tersendiri. Padahal, para perempuan muda ini pun memiliki persoalan konkret yang dihadapi dalam keseharian mereka. Banyak perempuan muda membiarkan kondisi ini tanpa mengolah diri. Akibatnya, mereka pun rentan mengalami pada persoalan tekanan psikologis bahkan gangguang kesehatan mental secara serius. Stigma bila menemui profesional psikolog dengan label ‘gila’, biaya penanganan yang dianggap terlalu mahal, maupun ketakutan akan proses penanganan psikologis yang terlihat ‘menyeramkan’ ditemukan menjadi beberapa hambatan yang cukup mempengaruhi kemauan untuk mengakses layanan profesional kesehatan mental. Perempuan muda pada masa ini juga lebih memanfaatkan media masa sebagai sumber akses informasi dan pengetahuan. Keterbatasan waktu maupun perlindungan identitas diri membuat penanganan mandiri melalui informasi di media menjadi alternatif yang dipilih. Oleh karena itu, menghadirkan sebuah media tematik psikologis, zine, yang berisi proses yang bersumber dari pengalaman pribadi perempuan muda lain yang terdampingi dapat memberikan informasi 'self help' yang diharapkan lebih sesuai dengan kondisi mereka.

Masalah yang Diangkat

Upaya mencari informasi dan penanganan psikologis menjadi tantangan tersendiri pada perempuan muda dewasa ini. Kesulitan mendapatkan akses karena berbagai hal, kekhawatiran mendapatkan stigma atau label negatif bila menemui profesional, maupun keengganan membayangkan penanganan psikologis yang akan dialami menjadi penghalang untuk mengakses layanan profesional psikolog. Proses ‘self-help’ seperti mencari informasi lalu mengolahnya sendiri menjadi pilihan yang banyak diambil oleh perempuan muda tersebut. Materi ‘self help’ untuk semakin mendukung mengelola tekanan yang dihadapi antara lain perlu berisi apa penyebab dan bagaimana mengatasi. Banyak bacaan yang lebih berisi konsep atau teori daripada refleksi proses. Padahal gambaran akan bagaimana melakukan upaya pengelolaan diri maupun contoh bagaimana ekspresi diri yang dapat menjembatani pengelolaan diri perlu pula diberikan. Zine menjadi alternatif media yang dapat diciptakan sebagai karya dari sebuah kelompok dukungan (support group) perempuan yang berjuang menghadapi persoalan psikologisnya. Selain dapat berbagi, dengan membuat karya zine ini para perempuan anggota kelompok tersebut akan juga memperoleh rasa kebanggaan dan kebermanfaatan. Di sisi lain, banyak perempuan di luar yang juga akan memperoleh manfaat dari refleksi proses yang dibagikan dalam zine ini.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. Dapat berlangsungnya aktivitas kelompok pendukung perempuan muda secara rutin dengan agenda berefleksi, saling mendukung dan saling belajar melalui kegiatan yang menyenangkan. 2. Dapat dilatihnya setidaknya enam orang pendamping sebaya yang mampu melakukan fasiltasi sesuai dengan kebutuhan kelompoknya. 3. Diterbitkan tiga zine tentang pengelolaan sederhana ketika menghadapi kondisi stres (1 seri), kecemasan (1 seri), dan depresi dan trauma (1seri). Ketiga zine ini berisi panduan sederhana berdasarkan pengalaman pribadi teman-teman maupun olahan psikolog dan konselor pendamping.

Dana Hibah

Rp.100 Juta

Lucia Peppy Novianti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Situs Web

wilokaworkshop.blogspot.co.id

Media Sosial