Pemohon Hibah

Indah Apriliana Dewi


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

Sudah 2tahun saya merangkul dan memberdayakan perempuan yang dalam kondisi memprihatinkan secara finansial , profesi dan KDRT, dengan membuka pelatihan ketrampilan gratis, membuka lapangan kerja yang lebih layak dari sebelumnya.

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

270

Judul Proyek

Seni dan Kreativitas Perempuan Karo

Lokasi Proyek

Tanah Karo - Sumatera Utara

Deskripsi Proyek

Saya ingin mengangkat perempuan tanah kelahiran saya (Tanah Karo) yang masih banyak terbelakang dan dibatasi aturan yang sangat tidak adil dengan memberikan mereka pelatihan aneka ketrampilan dan belajar serta menguasai alat musik tradisional suku kami yang selama ini seperti dianggap tabu bagi perempuan Karo untuk mengawasinya.Perempuan disana hanya diwajibkan kerja di ladang dan mengurus keluarganya. Selain itu akan membuat video dokumenter serta pertunjukan seni musik tradisional Karo yang dimainkan oleh perempuan perempuan Karo yang sudah kita latih.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Minimnya ketrampilan perempuan suku Karo yang tinggal di daerah pegunungan dan memaksa mereka hidup di pengungsian selama bertahun-tahun tapi tetap harus bekerja di ladang yang rawan erupsi gunung Sinabung sampai saat ini, serta adanya aturan adat yang seperti membatasi gerak perempuan untuk menguasai alat musik tradisional suku Karo. Hal itulah yang menggerakkan saya mengajak mereka untuk berubah, lebih berprestasi, lebih dihargai, memiliki aneka skill dan belajar untuk menguasai alat musik tradisional agar tidak punah begitu saja tanpa satu pun dari perempuan Karo tercatat pernah menguasainya.Tapi keterbatasan finansial saya sebagai single parent dan hidup jauh dari tanah Karo, saya sangat berharap dana hibah ini bisa membantu saya mengangkat derajat kami perempuan suku Karo di pedalaman sana.

Masalah yang Diangkat

Saya ingin membuat sanggar seni musik tradisional dan kreativitas perempuan suku Karo. untuk itu saya butuh dana untuk pengadaan alat musik tradisional, pelatih alat musik tersebut, perlengkapan serangkaian pelatihan ketrampilan dan pembuatan video dokumenter keseharian perempuan Karo dengan segala keterbatasannya, serta pertunjukan seni akbar perempuan Karo di akhir tahun 2018

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

Terbentuknya sanggar Seni musik tradisional dan kreativitas perempuan suku Karo. Terselenggaranya pertunjukan seni akbar yah dilakoni oleh perempuan suku Karo. Serta pemasaran rutin atas hasil kreativitas perempuan Karo, Sehingga mereka tidak lagi menghabiskan keseharian hidup mereka bekerja keras di ladang.

Dana Hibah

Rp.100 Juta