Pemohon Hibah

Wiji Wahyuning Utami


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Situs Web

biliknaskah.blogspot.co.id

Media Sosial

Instagram : wiji_w_utami Youtube : Wiji Utami

Proyek


No. Formulir

278

Judul Proyek

Penciptaan Film Pendek Berjudul Selembar Kertas

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Saya ingin membuat sebuah film pendek berdurasi 20 menit untuk memenuhi syarat kelulusan atau Tugas Akhir di prodi S1-Seni Teater ISI Yogyakarta. Film ini terinspirasi dari kasus penggusuran lahan warga untuk pembangunan bandara NYIA di Kulonprogo. Konten yang ada di dalam film tersebut tidak mengandung hal - hal yang pro dan kontra atau SARA. Dalam penggarapan karya ini saya bekerjasama dengan KEEN Film, dimana dalam penggarapannya saya disini sebagai penulis skenario. Lokasi pengambilan gambar/syuting di Yogyakarta, sementara pihak yang terlibat kurang lebih ada 20 orang.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Latar belakang film ini dibuat adalah untuk memenuhi syarat kelulusan di Prodi S1- Seni Teater ISI Yogyakarta. Opsi yang ditawarkan dalam bidang penulisan adalah penulisan naskah panggung dan skenario film. Skenario film yang diujikan sebelumnya harus divisualisasikan dahulu dalam bentuk film pendek. Film pendek ini terinspirasi dari kasus penggusuran lahan untuk bandara NYIA di Kulonprogo. Kasus tersebut sempat membuat pro dan kontra di tengah masyarakat. Bahkan membuat proyek pembangunan bandara tersebut terhenti.

Masalah yang Diangkat

Film ini bercerita tentang seorang anak laki - laki berumur 7 tahun yang sedang bermain pesawat - pesawatan yang ia buat dari selembar kertas. Lalu ia meluncurkan pesawat tersebut hingga menghancurkan rumah - rumahan dari pasir yang dibuat oleh kedua temannya. Ketiganya lalu bertengkar hingga akhirnya mereka akhirnya berhenti setelah Ibu si anak laki - laki berteriak menyuruhnya mandi karena hari menjelang sore. Si ibu menyuruhnya bergegas dan bersiap - siap karena mereka akan pergi ke rumah saudaranya. Tiba di rumah saudaranya, lalu kedua keluarga tersebut berbincang. Bosan dengan obrolan tersebut si anak laki - laki tersebut menemukan sebuah kertas dan membuat pesawat - pesawatan. Tanpa ragu ia meluncurkan pesawat tersebut dan tanpa ia sadari pesawat tersebut mengenai kepala saudaranya yang sedang berbicara dengan orang tuanya. Si ibu tanpa segan mengambil pesawat kertas tersebut lalu merusaknya dan membuangnya ke tempat sampah. Si anak menangis dan kemarahan ibunya semakin meluap, pertengkaran pun tidak terelakkan. Akhir cerita, anak tersebut dinasehati oleh ayahnya agar tidak egois dan tetap menghargai orang - orang disekitarnya.

Durasi Proyek

1 bulan

Indikator Sukses

Semoga film ini bisa membawa saya pada gelar S.Sn. Indikator lainnya, disini saya sebagai mahasiswa sekaligus warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila tidak ingin adanya perpecahan diantara masyarakat dan pemerintah. Maka dari itu saya ingin menjadi intermediate actor untuk menyampaikan aspirasi kepada seluruh masyarakat dan pemerintah melalui film ini. Selain itu, saya harap film ini bisa berguna sebagai sebuah referensi dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Dana Hibah

Rp.20 Juta