Pemohon Hibah

Th Sri Praptiningsih


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

13 Tahun, pernah menjadi Sutradara Ketoprak dan pemain; pencipta tari; koreografer; peragaan busana; peragawati; penyanyi; penari Jawa

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

289

Judul Proyek

Revitalisasi Seni Tari dan Busana Nusantara

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Demi mengangkat seni tari dan busana Nusantara yang saat ini mulai terabaikan dan cenderung banyak mengalami pergeseran nilai, diperlukan perhatian khusus untuk menumbuhkan kepedu-lian pada budaya berupa kegiatan pagelaran budaya yang melibatkan masyarakat lintas budaya Nusantara secara berkesinambungan. Upaya mempertahankan Yogyakarta sebagai miniatur Indonesia dan kota budaya yang aman dan damai, perlu dilakukan penyadaran masyarakat melalui kegiatan budaya yang melibatkan semua suku yang ada di Yogyakarta. Pagelaran ini selain bertujuan untuk melestarikan budaya, juga untuk mempersatukan berbagai suku Nusantara yang ada di Yogyakarta melalui pagelaran seni tari dan busana menuju kebersa-maan dengan melibatkan peran wanita pegiat budaya yang melibatkan seluruh hadirin dalam rangka program revitalisasi seni budaya Nusantara ini.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Mencermati adanya fenomena budaya yang sudah mulai bergeser tanpa kita sadari, misalnya yang dapat diamati pada setiap acara resepsi, kebanyakan tamu tidak lagi berbusana nasional yang jika dibandingkan dengan tempo dulu di Jawa khususnya, hadirin wanita masih tampak berbusana kebaya dan bergelung. Acaranya pun jarang menampilkan budaya lokal, bahkan lebih sering menampilkan budaya yang diadopsi dari mancanegara, sehingga banyak generasi sekarang kurang mengenal dan mengapresiasi aset-aset budaya nasional.

Masalah yang Diangkat

• Merevitalisasi budaya Nusantara yang sudah mulai mengalami pergeseran nilai. • Memertahankan Yogyakarta sebagai kota budaya yang aman dan damai, maka perlu diadakan pagelaran budaya yang melibatkan suku-suku yang ada di Yogyakarta untuk turut berperan serta. • Menaruh kepedulian dan mengapresiasi para pegiat pemerhati dan pelaku budaya Nusantara yang meliputi para mahasiswa, pelajar, dan berbagai kalangan masyarakat untuk mempertahankan Yogyakarta sebagai kota budaya yang aman, tenteram dan damai. • Mengingat belakangan ini mulai viral adanya fenomena disintegrasi bangsa, melalui pagelaran budaya ini diharapkan dapat menyadarkan kembali solidaritas yang menumbuhkan kekuatan untuk mengawal keberagaman bangsa..

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

• Undangan baik yang khusus maupun yang umum bersedia memenuhi syarat berbusana Nusantara dan kehadirannya memenuhi target yang ditetapkan. • Antusiasme yang terukur dari para peserta pagelar-an berbagai budaya suku-suku Nusantara yang ada di Yogyakarta sebagai wakil kelompoknya. • Kepuasan dari semua yang terlibat dalam persiapan sampai pelaksanaan kegiatan usai dan merasakan adanya kebersamaan dalam perbedaan di bumi pertiwi

Dana Hibah

Rp.199 Juta