Pemohon Hibah

Martini Supiana


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

2 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.baperlu.org

Media Sosial

akun instagram : perempuanpemenang, akun facebook : perempuan pemenang

Proyek


No. Formulir

294

Judul Proyek

Proyek Eksplorasi Pangan Lokal Perempuan Pemenang

Lokasi Proyek

Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB

Deskripsi Proyek

Dalam kegiatan ini Perempuan Pemenang akan melakukan pendataan atau riset tentang pangan lokal yang sering dibuat oleh ibu – ibu di Pemenang. Dari hasil riset tersebut, Perempuan Pemenang akan berkolaborasi bersama ibu-ibu (warga Pemenang) dan chef-chet terbaik yang bekerja di Pemenang untuk mengeksplorasi makanan lokal baik dari bentuk, warna, rasa, pengemasan, gizi atau sejarah makanan menjadi suatu pengetahuan yang akan didokumentasikan dalam bentuk tulisan (buku) dan video. Selain itu, diakhir kegiatan juga akan diadakan bazar pangan lokal hasil riset dan demo masak hasil eksplorasi makanan tersebut.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Perempuan Pemenang merupakan sebuah ruang tempat berkumpul, berbagi wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang dikhususkan untuk perempuan yang berdomisili di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, yang sebagian besar partisipannya berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga, perempuan berperan dalam memenuhi kebutuhan makanan, gizi dan kesehatan keluarga. Pengambilan keputusan dalam memilih bahan pangan dan mengolahnya secara sehat menjadi bagian penting dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Pemenang sebagai salah satu lokasi pariwisata yang sedang berkembang memiliki banyak potensi pangan lokal yang berasal dari daratan atau lautan. Namun, seiiring perkembangan pariwisata tersebut, budaya pangan lokal mulai hilang karena kedatangan wisatawan yang memengaruhi cara pandang dalam makanan yang cenderung mengarah kepraktisan (instan) dan konsumtif. Hal ini juga didukung dengan kurangnya pengetahuan ibu-ibu tentang makanan yang baik termasuk cara penyajian atau pengemasannya. Oleh karena itu, melalui proyek ini Perempuan Pemenang mencoba mengumpulkan informasi, mengarsip dan mengeksplorasi tentang pangan lokal yang ada di Pemenang.

Masalah yang Diangkat

Ada beberapa permasalahan yang mendasari proyek ini, yaitu (1) budaya mengonsumsi dan membuat pangan lokal yang semakin hilang karena pariwisata yang membawa kecenderungan budaya konsumtif dan kepraktisan (makanan instan). (2). Informasi dan pengetahuan tentang budaya dan pengelolaan pangan lokal yang terbatas (3) Kurangnya gerakan-gerakan sosial yang menekankan pada isu pemberdayaan perempuan di Lombok Utara.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. Adanya buku dan video tentang pangan lokal di Pemenang 2. Terlaksananya bazar makanan dan demo masak bersama warga Pemenang

Dana Hibah

Rp.157 Juta