Pemohon Hibah

Mila Hidayatullah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

Baru mulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

295

Judul Proyek

Perempuan Dan kuliner Sumbawa

Lokasi Proyek

Sumbawa Besar NTB

Deskripsi Proyek

Sumbawa terkenal dengan Madu, Susu kuda liar dan Pulau Moyo nya, namun yang lepas dari perhatian banyak orang adalah kuliner sumbawa, secara cita rasa tak kalah dengan kuliner daerah lain di nusantara. Jika Lombok terkenal dengan Ayam taliwangnya, jogja dengan gudegnya, Plembang dengan empek-empeknya , maka Sumbawa rasanya belum mrmiliki kuliner yang kuat yang dikenal oleh masyarakat luas. Kendalanya adalah masih minimnya media promosi kuliner khas Sumbawa yang sudah Ada sejak zaman dulu. Nah, dengan Cara mengabadikan kuliner Sumbawa melalui Buku yang disertai resep, sejarah serta foto ditiap masakannya untuk penguat konten, diharapkan bisa menjadi media untuk menyebarluaskan cita rasa kuliner warisan perempuan-perempuan sumbawa. Buku resep kuliner dengan sasaran kaum perempuan jaman now ini Akan memperhatikan berbagai hal, seperti pemilihan desain dan layout yang kekinian, tonjolan warna menarik, dilengkapi food fotografi kekinian sehingga jauh dari aroma buku resep yang monoton yang selama ini ada ditengah masyarakat. Tak hanya itu, kuliner khas Sumbawa sebagian besar saat ini masih dilakoni oleh perempuan-perempuan generasi tua, regenerasi kuliner ini tidak berjalan lancar. Maka dalam proyek ini secara teknis mengambil sekitar 8-10 perempuan yang setia menekuni kuliner Sumbawa sejak puluhan tahun silam sebagai narasumber.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Beberapa tahun terakhir, saya sempat memikirkan untuk memperkenalkan kuliner Sumbawa dengan mengabadikan kuliner-kuliner Sumbawa kedalam sebuah buku masakan. Tujuanya agar kuliner sumbawa tidak memudar tergerus oleh kuliner-kuliner urban yang banyak bermunculan. Namun keterbatasan Dana maka Hal ini belum juga saya realisasikan, sempat juga mengajukan ide ini ke beberapa orang untuk diajak kerjasama namun responya kurang baik. Sebenarnya seberpa pentingkah buku kuliner Sumbawa ini direalisasikan? Bagi kami masyarakat sumbawa, ingin agar kuliner Sumbawa tetap Ada dan dikenal masyarakat luas, Dan suatu saat bisa disejajarkan dengan kepopuleran gudeg, siomay, rendang, empek-empek dll. Kenyataanya, kuliner-kuliner Sumbawa ini hanya terkenal di daerahnya sendiri, Maka perlu Ada semacam media untuk memperkenalkan serta mendokumentasikan secara apik. Adalah buku yang bisa menjadi media pengenalan kuliner sumbawa keluar serta bisa dijadikan referensi bagi kaum Perempuan Sumbawa untuk bisa selalu menyajikannya kepada keluarga tercinta di rumah dan menjamu tamu yang datang berkunjung ke Sumbawa. Dan buku ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada perempuan-perempuan yang setia dalam melestarikan kuliner sumbawa selama bertahun-tahun, serta membantu Perempuan pemasak mengabadikan resep turun temurun yang menjadi ciri khas kuliner Sumbawa.

Masalah yang Diangkat

1. Masih minim buku-buku kuliner Sumbawa yang bisa dijadikan sebagai media pengenalan kuliner ke masyarakat luas. 2. Setidaknya ini Akan menjadi kendala dalam meneruskan sejarah kuliner Sumbawa dari perempuan-perempuan hebat dibalik dapur kepada perempuan generasi penerus. Jadi jangan heran jika kelak perempuan Sumbawa lebih paham bagaimana membuat spageti, pizza, sushi, rendang, empek-empek dll, daripada membuat masakan khas sumbawa. Maka dari itu sudah sepatutnya maha karya perempuan-perempuan pemasak Sumbawa ini harus segera di abadikan kedalam buku dan disebarluaskan, sebelum perempuan-perempuam tangguh ini semakin menua secara fisik dan juga ingatan.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Ketika buku ini bisa terealisasi, maka jejak kuliner dari perempuan sumbawa Tak lekang oleh jaman sehingga kuliner-kuliner Sumbawa Akan terus Ada untuk generasi selanjutnya serta kuliner Sumbawa bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Dana Hibah

Rp.70 Juta