Pemohon Hibah

benedicta alodia santoso


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Situs Web

https://www.behance.net/alodiaYAP

Media Sosial

instagram.com/alodiayap

Proyek


No. Formulir

315

Judul Proyek

Art Trip Journal

Lokasi Proyek

Nusa Tenggara Timur

Deskripsi Proyek

Art Trip Journalism adalah sebuah kegiatan perjalanan yang memiliki tujuan, yaitu: 1.) melakukan perjalanan mengelilingi NTT sambil bersilahturami dengan komunitas anak muda yang ada di NTT untuk berkolaborasi membuat sebuat karya visual bersama dalam bentuk mural. 2.) Sepanjang perjalanan ini kami akan menuangkan kenangan berdasarkan pengalaman, tempat yang dikunjungi, aktivitas, dan budaya yang kami temui secara kreatif dalam bentuk art journal yang kemudian di cetak ulang dan di bukukan dalam bentuk Art Trip Journal. Perjalanan ini melibatkan saya sebagai street art artist perempuan yang akan menjadi pelaku seni, dan seorang kawan sebagai dokumentasi dan pemikir selama perjalanan.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Setiap tahunnya, semakin banyak orang yang melakukan sebuah perrjalanan, baik untuk wisata maupun alasan lainnya. Dalam ranah kesenian, seorang seniman berpergian untuk mencari inspirasi maupun sebuah tantangan. Kami tertarik untuk mengetahui potensi alam dan keberagaman budaya NTT serta merangkum ide dan pengalaman yang kami dapat di sana dalam bentuk jurnal yang diharapkan mampu menjadi pemantik bagi orang lain untuk mengunjungi NTT dan mempelajari budaya yang ada lebih dalam lagi. Perjalanan ini dapat menjadi sebuah penyambung antara kami, seniman yang bergelut di ranah kesenian di pulau jawa, dengan komunitas anak muda yang ada di NTT. Berawal dari gemarnya kami bepergian mengunjungi kota satu dan lainnya dalam kunjungan kerja maupun sekedar ingin melihat suatu tempat yang baru. dari situlah kami membangun sebuah gagasan untuk membuat proyek ini. Kami ingin mengkolaborasikannya dengan gaya berkarya kami dalam dunia visual seni kontemporer di indonesia. Semoga dapat menjadi pematik bagi perempuan lainnya untuk mendalami dunia seni visual street art dan kontemporer.

Masalah yang Diangkat

Ketertarikan saya sebagai perempuan untuk mengeksplor kepulauan NTT yang memiliki segudang potensi wisata dengan mempelajari motif tenun yang dibuat oleh perempuan disana. Saya ingin merespon motif kain tenun NTT dalam bentuk visual mural dan berkolaborasi dengan perempuan muda disana. Sedikitnya partisipasi perempuan dalam bidang graffiti dan street art mendorong saya untuk melakukan projek ini sehingga dapat menjadi salah satu cara untuk membuka gagasan baru bagi perempuan disana. Projek ini juga diharapkan mampu memberi pandangan baru tentang karya perempuan dalam street art yang selama ini belum diperhitungkan. Selama mengelilingi NTT saya akan merekam perjalanan menuju dan selama di NTT dalam bentuk Art Journal belum pernah dilakukan. Art Journal merupakan sebuah buku kreatif berisi tulisan, gambar, sketsa, foto yang ditulis sendiri berisi catatan pribadi yang memuat pengalaman, pikiran, dan ide yang bertujuan untuk menceritakan kembali sebuah pengalaman. Selain sebagai suatu bentuk ekspresi diri, art journal dapat digunakan sebagai media storytelling tentang kebudayaan dan kearifan lokal di NTT. kemasan yang menarik ini dapat di terima oleh berbagai kalangan dan membuka wawasan tentang bagaimana NTT dari sudut pandang perempuan. Buku Art Trip Jpurnal ini dapat digunakan sebagai acuan dan motivasi bagi perempuan lain agar lebih berani untuk melakukan perjalanan.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Dibuatnya karya mural berkolaborasi dengan perempuan di NTT, Art trip journal dicetak dalam bentuk buku dan di launching di Jakarta dalam waktu yang ditentukan, Art trip journal dapat menjadi sebuah media informasi dan promosi provinsi NTT

Dana Hibah

Rp.61.9 Juta