Pemohon Hibah

ANI SUHARTINI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

22 Tahun

Situs Web

Media Sosial

face book ( deudeuh art)

Proyek


No. Formulir

320

Judul Proyek

PENDOKUMENTASIAN TEMUAN SITUS DAN RATUSAN ARTEFAK GARUT

Lokasi Proyek

Jawa Barat

Deskripsi Proyek

fenomena hasil observasi dan wawancara dengan informan tentang Limbangan ( Garut) diantaranya: 1. Nama-nama tempat dan Gunung memiliki kaitan dengan masa lalu, seperti Gunung Sangiang,Gunung Batara Guru dan Gunung Baru Batu. 2. Masyarakat menceritakan mengenai ratusan Makam yang dianggap sakral atau suci. Selain sebagai tempat pertapaan dan mistis. 3. Banyaknya bentuk bebatuan yang memiliki makna dimasyarakat. Berbagai batu yang menyerupai tempat ritual pada masa pra sejarah. Pada bulan Oktober 2013 penulis menemukan sejumlah situs batu yang diperkirakan artefak sejarah budaya menyerupai bangunan, meja sesaji, punden berundak, dan menhir, berbagai lesung, batu peti, juga semacam batu gores yang memiliki lambang - lambang. 4. Penemuan Ratusan batu amulet, artefak dan batu unik oleh Penulis dan masyarakat.Dari tahun 1996 Penulis sudah menemukan batu sisa-sisa bangunan. Berbagai bentukan batu yang diperkirakan bagian dari senjata, alat-alat pertanian dan benda-benda ritual. Adapun lokasinya tersebar luas di tengah sawah, kebun, dan di dalam hutan.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Berbagai situs dan artefak yang ada diduga memiliki kaitan dengan gambaran kehidupan manusia di zaman Prasejarah. Artefak-artefak yang ditemukan menguatkan dugaan adanya kehidupan mansia ketika zaman masa berburu yang bertempat tinggal saat itu di gua-gua. Walaupun sebagian dari tinggalan tersebut terkesan alamiah, tetapi tinggalan-tinggalan tersebut memiliki nilai penting (sakral) bagi masyarakat setempat. Tinggalan demikian, berdasarkan Undang-Undang no 11 tahun 2010 tentang cagar budaya sebagaimana tercantum dalam pasal 36, yang menyebutkan: “Benda, bangunan, struktur, lokasi, atau satuan ruang geografis yang memiliki arti khusus bagi masyarakat atau bangsa Indonesia sebagaimana dalam Pasal 11 dapat ditetapkan sebagai Cagar Budaya dengan Keputusan Menteri atau keputusan Gubernur setelah memperoleh rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya sesuai dengan tingkatannya”

Masalah yang Diangkat

Dari tulisan diatas maka kami ingin sekali membuat kajian ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Dan dari Hasil temuan ratusan artefak, naskah kuno dan logam yang terkumpul ingin dibuatkan sebuah Rumah Museum yang tersusun rapi, dari mulai foto perjalanan, foto temuan dan ratusan benda asli sebagai koleksi rumah museum.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

1. Pelaksanaan pada bulan 1 penelitian membawa ahli dari arkeoloh, sejarahwan, filologi dan permuseuman. 2.Pelaksanaan pada bulan 2 dan 3 Membuat sebuah tulisan karya ilmiah menjadi 1 buku yang bisa disebar di berbagai akademisi atau dunia pendidikan. 3.Pelaksanaan bulan 4,5 Perijinan dan Penataan RUMAH MUSEUM 4.Pelaksanaan bulan 6 Melaksanakan pameran ratusan artefak batu, manuskrif dan logam

Dana Hibah

Rp.800 Juta