Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

325

Judul Proyek

Cerita Fatmawati

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

Karya ini adalah salah satu karya yang mengangkat ide awal story telling. Mengangkat suatu kisah yang kemudian dituangkan ke dalam komposisi lagu yang mudah dicerna sehingga para pendengarnya dapat dengan mudah menangkap isi cerita yang disampaikan. Melalui konsep ini, kami mengadaptasi konsep opera yang diterapkan di dalam musik popular. Ide awal berasal dari Arini Kumara yang mendapat tugas membuat suatu rangkaian pertunjukan dengan tema “patriotis”. Pada saat itu Arini lalu menghubungi Christian Bong dan mengajaknya melangsungkan ide dari konsep story telling ini dengan menggodok ide dasar dan membagi tugas dalam menulis lagu. Dibantu dengan seluruh rekan musisi yang terlibat akhirnya jadilah karya “Cerita Fatmawati” yang sempat kami tampilkan pada Agustus 2014 di Jakarta.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

“Cerita Fatmawati” adalah karya pertama yang kami tampilkan sebagai rangkaian cerita-cerita yang akan kami tampilkan berikutnya. Ibu Fatmawati kami anggap sebagai tokoh perempuan Indonesia yang amat hebat dan besar jasanya karena selain sebagai Ibu Negara Pertama Indonesia dan penjahit Bendera Pusaka, beliau juga sebagai seorang perempuan yang teguh pada pendiriannya menyuarakan ketidak setujuannya terhadap poligami. Kisah ini mengangkat sisi romantisme yang terjadi dibalik kisah sejarah kemerdekaan Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Berawal dari ketertarikan akan mengenal lebih lanjut tentang sejarah tokoh perempuan Indonesia yang kami anggap memiliki visi dan misi dalam membela hak dan suara perempuan. Kami memilih untuk mengangkat kisah hidup Ibu Negara Pertama bu Fatmawati dalam perjalanannya mendampingi Ir. Soekarno dan suka duka nya dalam bersikukuh untuk tidak di poligami.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

dapat menampilkan karya ini dalam panggung besar dan menyebarkan kemawasan akan pengenalan siapa Ibu Fatmawati sebagai tokoh perempuan Indonesia dan bukan hanya sebagai penjahit bendera pusakan saja.

Dana Hibah

Rp.300 Juta

Arini Chrisanti Kumara


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

18 tahun

Situs Web

www.arinikumara.com

Media Sosial

https://www.instagram.com/arinikumara/ https://www.youtube.com/user/ack2199/featured?view_as=subscriber