Pemohon Hibah

Airin Christie Efferin


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

10 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.bandungphilharmonic.web.id

Media Sosial

Pendiri Bandung Philharmonic : instagram @bandungphil, youtube : Bandung Philharmonic , Pendiri dan pianis Cascade Trio, instagram @cascadetrio , youtube : Cascade Trio

Proyek


No. Formulir

326

Judul Proyek

Belakang Panggung, sebuah Musikal

Lokasi Proyek

Jakarta

Deskripsi Proyek

Penulisan dan pementasan teater drama musikal yang mendorong para wanita Indonesia untuk menentang tindakan kekerasan seksual secara nyata, dan para pria Indonesia untuk mendukung para wanita yang berani melakukannya. Pementasan ini diprakarsai oleh tim yang terdiri dari para wanita dan diproduksi sebagai kolaborasi antara para dramawan, para musisi, para penari dan organisasi nonprofit yang menyuarakan penghentian tindakan pelecehan dan kekerasan seksual di Indonesia. Judul pementasan "Belakang Pangung" sengaja dipilih karena pementasan ini menjelajahi bagaimana tindakan kekerasan seksual sering terjadi "di belakang layar", dan banyak wanita mengalami penderitaan ini dalam diam, tidak berani membicarakannya di muka umum. Tujuan pementasan ini untuk mendorong para wanita untuk berani bicara agar para pelaku dapat terungkap dan dihukum sesuai dengan tindakannya. Cerita pementasan ini berfokus pada sebuah tim yang sedang melakukan persiapan sebuah produksi pementasan tradisional Indonesia (Ramayana), yang mana seorang aktris mengalami tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di belakang layar. Dia menghadapi dilema antara menderita dalam diam dan tetap menjalani proses pementasan, atau angkat bicara dengan risiko menerima segala konsekuensinya.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Berangkat dari sebuah pengalaman pribadi pelecehan yang dilakukan kepada saya, oleh seseorang yang saya percayai membuat saya mengulik tentang problema kekerasan seksual di Indonesia. Saya mengungkapkan pengalaman saya (tidak terlalu mendetik) di facebook dan mendapat ratusan tanggapan yang sangat berbeda, dari yang mendukung, menghujat, ataupun yang terus terang mengatakan mereka pun mempunyai pengalaman yang sama, tetapi tidak berani mengungkapkannya. Saya penasaran mengenai kediaman ini, dan saya kemudian berpikir untuk berkarya melalui media yang saya kenal betul yaitu musik. Proyek ini bekerjasama dengan Lentera Sintas Indonesia, sebuah organisasi nonprofit yang bergeraj di bidang kekerasan sexual yang dididrikan oleh Sophi Hage. Kami mengajak Marissa Anita, actress dan host Net TV yang mempunyai passion dan pemikiran yang sama mengenai isu ini untuk bersama-sama membuat sebuah drama musikal mengenai topik ini.

Masalah yang Diangkat

Tindak kekerasan seksual di Indonesia • Pentingnya para wanita untuk bicara dan mempertahankan diri menghadapi tindak kekerasan seksual • Pentingnya para pria untuk mendukung para wanita yang membela diri menentang tindak kekerasan seksual • Peran dan stereotipe gender di Indonesia dan hubungan kekuasaan antara pria dan wanita di Indonesia.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Jumlah penonton pria dan wanita • Jumlah peserta diskusi pria dan wanita • Jumlah cakupan pementasan dan pesan yang di sampaikan dalam media nasional • Jumlah cakupan acara diskusi dan pesan yang disampaikan dalam media nasional • Jika versi film dibuat, dan jumlah penontonnya

Dana Hibah

Rp.995 Juta