Pemohon Hibah

Agustina Agni Tunjung


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

3 tahun 9 bulan

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Instagram @dongengkeliling

Proyek


No. Formulir

377

Judul Proyek

Kisah-kisah dari Borneo

Lokasi Proyek

Provinsi Kalimantan Timur

Deskripsi Proyek

Kisah-kisah dari Borneo mendokumentasikan tuturan lisan atau dongeng yang telah turun temurun dituturkan oleh generasi yang lebih tua kepada generasi yang lebih muda di beberapa suku Kalimantan Timur di antaranya suku Dayak Tunjung , Suku Dayak Benuaq, Paser. Dongeng telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan suku – suku bangsa yang ada di Kalimantan Timur baik sebagai bagian dari ritual adat, dongeng pengantar hidup atau pengisi waktu luang. Banyak dongeng – dongeng tersebut memiliki nilai – nilai yang tinggi baik dari sebagai tuntunan hidup maupun nilai sastra. Mendokumentasikan dongeng –dongeng tersebut merupakan suatu cara menjaga dongeng – dongeng itu tetap bisa dingat, diceritakan kembali dan dibawa ke masyarakat yang lebih luas.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Sebagai seorang pendongeng saya sellau merasa bahwa referensi dongeng sangat terbatas. Referensi dongeng baik dalam bentuk buku maupun film lebih banyak didominasi cerita – cerita dari Jawa atau bahkan dari luar negeri. Padahal Indonesia sangat kaya dengan tradisi cerita tutur. Salah satunya adalah Dongeng atau cerita tutur milik suku – suku di daerah Kalimantan Timur. Padahal ada banyak ragam cerita atau dongeng asli Kalimantan yang belum didokumentasikan dengan baik. Proyek “Kisah-kisah dari Borneo” ini ingin mengumpulkan dan mempopulerkan kisah-kisah yang ada dalam format film dan buku. Dengan buku dan film dongeng – dongeng tersebut bisa dibawa ke masyarakat lebih luas untuk dibaca dan diceritakan kembali, sehingga pilihan dongeng bagi masyarakat juga menjadi lebih luas.

Masalah yang Diangkat

Keterbatasan akses dan dokumentasi dalam bentuk cetak maupun audio visual tentang dongeng dari Kalimantan Timur. Sastra lisan harus didokumentasikan karena mengandung nilai sejarah juga budaya dari sebuah daerah. Pendokumentasian dongeng dari Kalimantan Timur merupakan solusi dari masalah keterbatasan dan kekurangan dokumentasi sastra lisan yang ada

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Terbitnya buku dongeng Kalimantan Timur dan peluncuran film documenter tentang Dongeng Kalimantan Timur.

Dana Hibah

Rp.200 Juta