Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

389

Judul Proyek

Rumah Sewa Baju Adat dan Karnaval

Lokasi Proyek

Kota Palu/Sulawesi Tengah

Deskripsi Proyek

Pada setiap tahunnya, Provinsi Sulawesi Tengah sering mengadakan beberapa pegelaran seni untuk memperingati hari hari besar seperti karnaval budaya dalam rangka ulang tahun Provinsi atau Festival rutin tahunan yaitu festival Teluk Palu atau saat ini lebih di kenal dengan Fesival Palu Nomoni. Namun kegiatan kegiatan tersebut terkendala oleh tempat untuk mendapatkan pakaian yang di perlukan sangatlah kurang. Maka orang - orang yang sering terlibat dalam kegiatan pelestarian tersebut sangat sulit untuk berekspesi, dalam hal ini termasuk saya. Kami selalu menggunakan pakaian yang itu - itu saja. Berangkat dari keterbatasan tersebut, saya berkeinginan membuat wadah bagi para penari dan model pakaian adat di Kota Palu berupa tempat penyewaan : 1. Pakaian adat 2. Pakaian Tari 3. Baju Karnaval Demi membantu kami dalam mengekspresikan minat serta bakat kami.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Ibu saya adalah seorang penjahit dan ayah saya adalah seroang PNS, saya adalaha anak keitiga dari 5 bersaudara, kuliah Universitas Tadulako, mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Saya tertarik dengan hal - hal berbau seni sejak kecil, terutama di bidang seni tari dan fashion show. Saya juga sering terlibat di dalam beberapa kegiatan pargelaran seni, karnaval atau event - event penting seperti penyambutan kedatangan mentri dan kapolda dengan penampilan tari yang kami sediakan. Karena hobi saya dan ibu saya yang berprofesi sebagai seroang penjahit yang tentunya dapat mendesain pakaian. Maka saya mempunyai keinginan untuk bisa melestarikan sekaligus mengembangkan kreasi pakaian adat di Sulawesi Tengah yang dapat di gunakan sebagai pakaian tari dan karnaval. Pakaian tersebut dapat di sediakan dalam sebuah tempat penyewaan pakaiaan adat. Tetapi kurangnya dana untuk menyediakan pakaian dan aksesoris adat menjadi hambatan. Dalam hal ini saya berharap agar niat baik ini dapat terbantu serta dipertimbangkan.

Masalah yang Diangkat

- Kurang tersedianya wadah/tempat untuk menyewakan pakaian adat, tari serta karnaval di Sulawesi Tengah Khususnya wilayah kota Palu. - Banyaknya Fesival atau pagelaran seni yang diadakan di kota palu yang membutuhkan pakaian adat dalam penyajiannya. - Tidak adanya dana untuk menyediakan tempat penyewaan serta pakaian adat untuk kegiatan tari dan karnaval.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

- Selama ini saya bersyukur mempunyai hobi yang dapat membantu melestarikn kebudayaan yang ada di SULTENG khususnya Kota Palu, - Aktivitas ini tidak mengganggu tugas saya sebagai mahasiswi dan dapat membantu biaya penyelsaian studi yang di ambil, - Banyaknya peminat yang ingin menyewa pakaian adat, tradisional, tari dan karnaval, - Menjadi wadah yang tepat bagi para penari dan model pakaian adat, - Tersedianya tempat pelestarian pakaian adat di Sulawesi Tengah terutama Kota Palu

Dana Hibah

Rp.65 Juta

Istika Benazier


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

1 tahun

Situs Web

Media Sosial