Pemohon Hibah

Maria Monica Wihardja


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

Sejak 2014, saya bersama seorang penulis Hanny Kusumawati menggagasi publikasi buku Anak-Anak Lintas Nusantara untuk menyatukan anak-anak dari berbagai pelosok Indonesia

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

396

Judul Proyek

Anak-anak Lintas Nusantara

Lokasi Proyek

Berbagai pelosok Indonesia.

Deskripsi Proyek

Kami sudah publikasi dua buku, Kisah Dari Alor (2015, BIP Gramedia) dan Kisah Dari Banggai (2017, BIP Gramedia). Tahun ini kami publikasi Kisah Dari Sumba (BIP Gramedia). Setiap publikasi kami memberikan donasi 1000-1500 buku ke pelosok pelosok Indonesia. Selebihnya Gramedia menjualnya di toko buku Gramedia. Kami perlu dana untuk mencetak 1000 buku untuk didonasikan ke pelosok-pelosok Indonesia untuk setiap publikasi kami ke depan: Kisah Dari Pegunungan Bintang, Kisah Dari Yogyakarta, Kisah Dari Wae Rebo, Kisah Dari Asmat, dsb. Donasi buku ini sangat penting karena tujuan dari buku projek ini adalah untuk memperkenalkan anak-anak Indonesia antara satu dan lainnya dan mempersatukan mereka.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Ide projek buku ini adalah untuk membawa anak-anak Indonesia lebih dekat antara satu dengan lainnya dengan bertukar cerita mengenai budaya, kehidupan sehari-hari, rumah, bahasa, pahlawan lokal, musik, seni, agama, dll. Projek ini diharapkan bisa menjembatani dan mengisi kesenjangan informasi mengenai budaya dan daerah mereka sehingga menghindari kesalahpahaman dan kefanatikan yang kerap muncul saat mereka dewasa karena perbedaan agama, etnis, budaya, dsb.

Masalah yang Diangkat

Kesenjangan informasi mengenai budaya Indonesia yang terjadi di antara anak-anak Indonesia yang sering menyebabkan mereka tumbuh dengan tidak mengenal perbedaan dan keberagaman.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Publikasi buku dan tingginya penjualan buku. Tahun lalu Kisah Dari Alor terjual 700 buku dan Kisah Dari Banggai yg diterbitkan Juni 2017 terjual hampir 400 buku. Ini diluar buku donasi 1,500 Kisah Dari Alor dan 1,000 buku Kisah Dari Banggai.

Dana Hibah

Rp.50 Juta