Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

401

Judul Proyek

Kios Cindramata "Bumanema"

Lokasi Proyek

Nusa Tenggara Timur

Deskripsi Proyek

Kios Cindramata Bumanema adalah tempat penjualan (pertunjukkan) hasil kerajinan tangan ibu-ibu di pulau Pantar seperti hasil tenunan dan lain-lain. Selain itu, kios ini menjadi wadah pelatihan bagi ibu-ibu pengrajin untuk melatih anak-anak perempuan di Kecamatan Pantar Tengah yang memiliki kompetensi di bidang seni terutama kerajinan tangan. Adapun produk yang akan dilatihkan untuk tahap awal ini adalah pembuatan aksesoris tradisional khas Pantar dan beberapa produk modifikasinya.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Gagasan ini muncul di awali dengan belum terbukanya akses tempat pembelian cindramata di kabupaten Alor, khususnya di Pulau Pantar, Kecamatan Pantar Tengah. Pantar Tengah memiliki obyek wisata yang indah, namun tidak dibarengi dengan pemasukan bagi masyarakat setempat. Para pengunjung juga agak kesulitan untuk menjangkau tempat cindramata untuk membeli sekadar oleh-oleh. Oleh karena itu Kios Cindramata diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat setempat dan pengunjung obyek wisata di Pantar Tengah, khususnya Desa Tude.

Masalah yang Diangkat

Sebagian anak perempuan di desa desa Tude memiliki kompetensi di bidang seni namun belum memiliki bantuan berupa motivasi, dana, dan wadah pelatihan. Beberapa anak tersebut tidak memberdayakan potensi mereka. Setelah tamat SMP atau SMA, hanya sedikit sekali dari jumlah tersebut yang melanjutkan studi. Sisanya langsung berumahtangga dan potensi mereka mati. Disamping menjadi ibu rumah tangga, saya ingin memberdayakan mereka untuk menggali potensi mereka dan menghasilkan karya disamping mendapat penghasilan tambahan. Selain itu, belum adanya pengrajin-pengrajin muda yang dapat meneruskan keterampilan yang dimiliki generasi terdahulu. Oleh karena itu, perlu dibuatnya kios Cindramata “Bumanema” ini. Selain memberdayakan perempuan, budaya kerajinan tangan tradisional ini dapat diwariskan bagi generasi selanjutnya.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Proyek ini saya yakini dapat berjalan dangan baik dengan persentasi kesuksesan adalah 80 persen ke atas. Saya meyakini hal ini setelah melihat antusias yang dimiliki orang anak dan remaja perempuan di Desa Tude. Mereka menyambut dengan baik ide ini, dan bersedia untuk menerima warisan ilmu yang akan di bagikan untuk mereka dari para terdahulu.

Dana Hibah

Rp.8 Juta

Faryda Veronica Lamma Koly


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial