Pemohon Hibah

Putu Sandra Devindriati K


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

21 tahun di musik dan 6 tahun di musik pendidikan (S2 Pendidikan Seni, aktif membangun Bandung Philharmonic bersama 3 co-fouder lainnya, dan mengajar musik di sekolah)

Contoh Karya

Situs Web

www.laprimacourse.com / www.bandungphilharmonic.web.id (saya mengelola dan berkarya sebagai orang di balik layar untuk ini)

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

423

Judul Proyek

Kembali ke Bali

Lokasi Proyek

Bali

Deskripsi Proyek

Perjalanan kembali ke Bali setelah 21 tahun berkarya di Bandung. Hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari tahu data seniman perempuan di Bali, lalu melakukan diskusi dan dialog dengan mereka - hasilnya dibuat buku/artikel. Setelah terkumpul lalu membuat satu event kecil dengan konsep "dharma tula" (sama seperti talkshow dengan perempuan aktivis seni di Bali), dan diakhiri dengan kolaborasi pertunjukan bersama yang bernilai pendidikan seni (dikonsep oleh perempuan sebagai hasil pemikirannya, dan ditampilkan oleh anak-anak dalam rangka pendidikan seni)

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Sudah 21 tahun besar dan berkarya di Bandung dalam bidang musik barat, khususnya Orkestra. Sebagai perempuan keturunan Bali dengan segala kebudayaan yang dimiliki, tidak banyak mengetahui bagaimana kondisi kehidupan seni di Bali. Diri ini merasa perlu sharing dan berbuat bersama memadukan budaya Bali-Barat dengan berkarya bersama masyarakat Bali , khususnya perempuan. Setahu saya, dalam ajaran Hindu Bali kedudukan laki-laki dan perempuan dalam Weda adalah sama. Tetapi nyatanya, jaman dahulu kala, perempuan Bali lebih banyak aktif bekerja dan laki-laki hanya bersenang-senang. Oleh karena itu, melalui proyek ini saya ingin mempelajari bagaimana kehidupan perempuan Bali dengan segala adat istiadatnya disana yang tentu tidak jauh dari seni.

Masalah yang Diangkat

"Peran dan Fungsi Perempuan untuk Keseimbangan Hidup di Dunia" Bagaimana perempuan Bali disana yang selalu berkutat dengan persoalan rumah tangga dan ritual, bagaimana mereka dapat menyeimbangkan kehidupan dunia dan spiritual. Selain itu bagaimana mereka dapat hidup seimbang dalam rumah tangga, memahami peran dan fungsi antara perempuan dan laki-laki. Kehidupan di rumah tetap dilaksanakan sebagai kewajiban, tetapi memiliki keinginan untuk bebas berkarya juga perlu diwujudkan. Perempuan Bali dengan seni yang kental sejak kecil seperti sudah belajar menari dan megending, di jaman ini perlu menunjukkan bahwa perempuan juga dapat berkarya.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Membuat buku tentang cerita hidup perempuan Bali. Pertunjukan kolaborasi dapat dilakukan tanpa memungut biaya penonton (gratis).

Dana Hibah

Rp.500 Juta