Pemohon Hibah

Cornelia Lina Meiliasari


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.yl.handycraft

Media Sosial

cornelia lina yl handycraft

Proyek


No. Formulir

461

Judul Proyek

Kreasi Nusantara

Lokasi Proyek

Kabupaten Bantul Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Ingin menciptakan galeri "Griya Anyam" sebagai tempat hasil karya kriya pengerajin di seluruh Indonesia sehingga mempermudah akses pasar eksport, karena selama ini hasil binaan dari saya yang khususnya adalah kaum perempuan/ ibu rumah tangga (Kalimantan Selatan 14 kabupaten, NTB 2 kabupaten, Irian Jaya 2 kabupaten, Kalimantan Barat 2 kabupaten, dll) sudah saya pasarkan. Homestay untuk para pengerajin yang datang ke Yogyakarta untuk study banding mengembangkan kreativitas dan menambah wawasan belajar pengolahan sumber daya alam yang ada di setiap provinsi sehingga dapat bersinergi dengan semua pengerajin. Dengan proyek ini sumber daya alam seperti: enceng gondok, pandan, bambu, rotan,seagreess, purun, bamban, kethak,dll dapat diolah menjadi produk yang lebih berguna yang dapat mendongkrak perekonomian Indonesia dan tercipta lapangan pekerjaan.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Karena Indonesia adalah Negara penghasil sumber daya alam yang melimpah namun pengolahannya belum maksimal sehingga hanya di buang. selain itu Indonesia mempunyai berbagai model jenis anyaman di masing- masing provinsi yang merupakan pencitraan budaya mereka. Yogyakarta sendiri adalah salah satu kota yang merupakan akses paling mudah untuk eksport . Sehingga saya sebagai pembina pengerajin di beberapa provinsi dapat membantu pemasaran produk tersebut, jadi pengerajin tidak hanya dapat memproduksi namun dapat menjual produk yang dibuat nya secara continue.

Masalah yang Diangkat

Tidak adanya tempat atau gudang / gallery untuk menyimpan hasil produk pengerajin seluruh Indonesia, sehingga akses eksport lebih mudah. Tidak adanya penginapan untuk pengerajin dari luar Yogyakarta yang mau belajar anyaman (membuat produk dari sumber daya alam) sehingga merinngankan biaya pengerajin.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

saya sudah membina pengerajin (50.000 pengerajin) dari seluruh Indonesia, dan hasil produk pengrajin banyak diminati customer dari dakam maupun luar negeri Akses pasar dari luar negeri yaitu dari beberapa negara (Jerman, Jepang, China, Amerika) Akses pasar Dalam Negeri yaitu : Jakarta, Bali, Bandung,dll

Dana Hibah

Rp.400 Juta