Pemohon Hibah

MARYATI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

20 TAHUN

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

473

Judul Proyek

“Menari dalam Harmoni Untuk Tari Indoensia Yang Lestari”

Lokasi Proyek

KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH

Deskripsi Proyek

Pada event ini akan diadakan pementasan kesenian sendratari Dumadining Kali Serayu serta pentas tari lainnya berupa tarian lepas seperti tari kreasi baru (tari cadhik ayu, tari bebek, tari medat medhut, tari tumandang, dan tari dawet ayu) dari anak didik Sangar Tari Raras Irama.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Dengan keanekaragaman kebudayaannya, Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Namun yang berkembang saat ini banyaknya mayoritas orang yang sudah mulai mengabaikan bahkan melupakan kebudayaan bangsa seperti halnya tarian tradisional. Melihat fenomena ini kita memang tidak lantas dapat menyalahkan masyarakat dan keadaan. Keberhasilan dalam melestarikan warisan budaya bangsa menjadi tantangan dan tugas bersama. Oleh karena itu kegiatan pelestarian budaya tari menjadi sangat penting. Sebagai bentuk upaya melestarikan budaya tari maka Sanggar Raras Irama akan menyelenggarakan event budaya seni tari dengan mengangkat salah satu aspek budaya yaitu tari dengan genre Sendratari. Sendratari merupakan pertunjukan seni berupa drama dan tari. Drama atau cerita yang disajikan dalam bentuk tarian tanpa adanya dialog, biasanya diiringi oleh musik (gamelan). Sanggar Raras Irama adalah salah satu sanggar di Kabupaten Banjarnegara yang masih aktif saat ini. Awal berdirinya di prakarsai oleh Ki Dalang Sarjono pada tahun 1982. Sejak Awal berdirinya sanggar ini dimulai dari karawitan dan pedalangan namun pada perkembangnnya seni tari mask pada kegiatan sanggar ini kira-kira di tahun 2009 sampai saat ini. Peserta di sanggar ini mulai dari usia anak-anak hingga dewasa, dari umur 4-30 tahun.

Masalah yang Diangkat

Mengenalkan pada masyarakat luas bahwa Kabupaten Banjarnegara adalah daerah yang berada di aliran sungai kali serayu yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Tengah, selain itu Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi yang besar akan keseniannya. Pada kegiatan ini berusaha mewadahi generasi muda di daerah Kabupaten Banjarnegara antara lain Penari dapat mengembangkan kreatifitas seni tari, Masyarakat dan penari lebih mengenal seni budaya tari serta Mendidik masyarakat untuk menyadari pentingnya mewarisi dan melestarikan nilai-nilai keindahan seni tari dan budaya bangsa.

Durasi Proyek

4 bulan

Indikator Sukses

kegiatan ini akan dilaksanakan di Depo Pelita Banjarnegara ( ruang publik terbesar di daerah Banjarnegara ),Meningkatnya mutu kualitas budaya dan tradisi di Daerah Banjarnegara , Mengangkat kembali kesenian lokal seihngga mendorong hidupnya kembali kesenian lokal di daerah Banjarnegara . Dukungan dari orang tua siswa dan pemerintah daerah Kabupaten Banjarnegara untuk kegiatan ini.

Dana Hibah

Rp.80 Juta