Pemohon Hibah

GUSTI NURAINI AMANDA NOOR


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

sejak lulus kuliah Desain Komunikasi Visual pada tahun 2006

Contoh Karya

Situs Web

ananoor.weebly.com

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

492

Judul Proyek

Seri buku "Dunia Drupadi"

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

‘Dunia Drupadi’ adalah seri buku cerita anak setebal 24 halaman per jilid dengan gambar full-colour supaya menarik dan dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Setiap seri punya sebuah tema (seperti seri buku ‘Tini’ karya Gilbert Delahaye) dengan tokoh utama Drupadi, anak perempuan berusia 6 tahun, yang diambil dari tokoh bernama sama dari buku Gerbang Nuswantara karya Victoria Tunggono. Seri buku ini akan menceritakan kegiatan sehari-hari Drupadi di ‘Peradaban Lain’ yang sesuai dan disisipi pesan moral yang diharapkan dapat membantu membentuk karakter anak. Di setiap jilid juga akan disisipi beberapa lembar aktivitas berupa latihan menyenangkan (seperti mencari kata, labirin, mencocokkan gambar, dst) juga halaman hitam-putih untuk lembar mewarnai. Sebagai lanjutan proyek, 20% dari jumlah buku yang dicetak akan disumbangkan untuk anak-anak di daerah pedalaman/tidak mampu seluruh Indonesia untuk mendukung kegiatan belajar dan perkembangan karakter anak yang dilakukan dengan cara bekerja sama dengan yayasan (seperti Taman Bacaan Pelangi) mengadakan event kunjungan ke daerah-daerah yang membutuhkan dan berinteraksi dengan anak-anak setempat untuk mengedukasi secara nyata.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Melihat kondisi akhir-akhir ini di negara Indonesia, saya memperhatikan betapa mudahnya rakyat Indonesia, terutama dari kaum tidak mampu/edukasi rendah, untuk dipengaruhi atau diprovokasi menuju sesuatu yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila maupun secara moral dan adat. Saya perhatikan, hal ini disebabkan karena kurangnya pelajaran sejarah dimana seseorang bisa belajar dan memahami karakter bangsa maupun identitas diri. Akibatnya, budaya luar yang masuk ditelan mentah-mentah tanpa saringan akal sehat. Saya tertarik dengan seri trilogi Nuswantara karya Victoria Tunggono yang kaya akan sejarah dan budaya Indonesia, dan mengajak penulisnya bekerja sama membuat kisah baru dari tokoh dan setting dari buku tersebut, dan menerjemahkannya dalam kemasan yang lebih lucu, ceria, dan sesuai untuk konsumsi anak-anak. Saya merasa bertanggung jawab secara moral terhadap generasi selanjutnya, dan lewat karya ini saya harapkan bisa membantu mengarahkan dan menumbuhkan karakter/identitas anak yang kuat sebagai bangsa Indonesia.

Masalah yang Diangkat

Saya menilai buku cerita anak yang sesuai dengan nilai-nilai lokal Indonesia masih kurang banyak variasinya. Tumbuh dengan buku-buku dongeng/fantasi barat, kisah putri Disney, seri petualangan Tini, majalah Bobo, dst, membuat saya senang berimajinasi dan mendambakan adanya buku cerita anak interaktif yang bisa mengembangkan daya imajinasi sekaligus menggugah kreativitas anak dengan nilai-nilai dan budaya Indonesia, yang belum pernah saya temui sampai saat ini. Padahal ada banyak sekali kisah dan nilai moral di seluruh Indonesia yang bisa diaplikasikan dalam kemasan yang lebih pop (bukan sebagai cerita rakyat) dan lebih menarik untuk anak-anak dengan bentuk dan warna yang lebih ceria. Dengan demikian, anak-anak bisa tumbuh dengan rasa sadar dan bangga sebagai bangsa Indonesia, dengan role model tokoh yang menjunjung nilai-nilai lokal sehingga tidak selalu berkiblat ke budaya negara lain.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Saya memperkirakan pencetakan buku sebanyak 300-500 eksemplar per jilid, dengan harga jual antara Rp 20.000-Rp 70.000 (tergantung harga produksi) yang terjangkau dan dapat dikoleksi setiap rumah tangga. Selain itu publikasi lewat media sosial juga akan digencarkan, dan kesuksesan untuk saya adalah penjualan yang mencapai lebih dari 50% dalam 3 bulan pertama, dan kegiatan amal (kunjungan ke daerah) bisa berhasil dilakukan dan bisa mengajak banyak pihak lain terlibat untuk bersama-sama berupaya membantu mencerdaskan bangsa.

Dana Hibah

Rp.100 Juta