Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

504

Judul Proyek

Pengadaan Alat Musik dan Ruang Kreatif Seni Pertunjukan

Lokasi Proyek

Nagari Kapalo Hilalang, Kec. 2x11 Kayutanam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat

Deskripsi Proyek

Saya ingin membangun sebuah ruang kreatif untuk Latihan Kelas musik pengiring tari/komposisi musik dan Kelas Tari serta kebutuhan lain mengenai olah tubuh. Selain itu sebagai ruang presentasi sederhana dari karya-karya Tari dan Musik saya. Ruang tersebut akan saya fungsikan juga sebagai laboratorium budaya, dimana masyarakat disekitar lingkungan kami akan mempunyai ruang apresiasi yang mempertunjukan berbagai seni pertunjukan mulai dari Teater Randai, Tari, Musik, dan lain sebagainya dalam lingkup kecil. Dengan adanya ruang ini kami tidak harus menyewa tempat ketika menyelenggarakan acara pertunjukan dan parade seni pertunjukan yang biasa dielenggarakan setiap tahun oleh Sanggar Seni Rumah Gadang.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Terbatasnya ruang untuk mewadahi ide gagasan saya dalam berkarya dan tidak adanya alat musik untuk pengiring Tari, sehingga mendorong saya untuk sebisa mungkin mendapat bantuan dari berbagai pihak. Dengan adanya program Hibah ini akan sangat membantu terwujudnya cita-cita saya dalam membangun budaya berkesenian yang positif di daerah saya, serta menjadikan ruang alternatif bagi masyarakat khususnya generasi muda dan anak-anak sekolah untuk berekspresi dan berapresiasi secara langsung dalam ruang kreatif yang akan saya bangun nanti. Saya selaku penggagas memiliki keinginan besar, agar ruang kreatif ini dapat menjadi tempat kreatifitas seni berupa menampilkan hasil karya cipta agar dapat dinikmati oleh masyarakat.

Masalah yang Diangkat

Dari tahun 2010 hingga sekarang saya beserta anggota sanggar menggunakan ruang laga-laga/pendopo berukuran 8 x 8 meter sebagai tempat untuk berlatih seni tari maupun musik. Di samping itu, peminatnya cukup banyak, terutama anak sekolah dari tingkat SD sampai tingkat SMA dan generasi muda untuk berlatih seni tari dan seni musik. Namun karena tidak adanya alat musik, sehingga untuk musik pengiring seni tari, saya lebih banyak menggunakan musik rekaman/musik edit. Memperhatikan banyaknya peminat untuk bermain musik, saya terpaksa menyewa alat musik untuk memenuhi minat tersebut. Di sisi lain saya sebagai seorang ibu, juga harus memperhatikan kenyamanan anak dan keluarga saya, maka keterbatasan ruangan dan ketidak adaan alat musik tersebut menjadi sebuah kendala yang cukup merepotkan saya selama ini.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Ukuran keberhasilan bisa maksimal bagi saya adalah jika bangunan ruang kreatif dan pengadaan alat musik tradisi dapat direalisasikan.

Dana Hibah

Rp.200 Juta

Irfi Sri Wahyuni


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

8 tahun

Situs Web

Media Sosial

facebook : Irfi Sri Wahyuni dan Sanggar Rumah Gadang Art