Pemohon Hibah

Awis Citra Murniati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

8 tahun

Situs Web

Media Sosial

@whizyeah

Proyek


No. Formulir

515

Judul Proyek

Make Up Panggung di Mata Kamera

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Make up panggung adalah salah satu karya seni sementara yang hanya dapat dinikmati oleh publik ketika pertunjukan teater berlangsung. Setelah itu para aktor akan membersihkan wajahnya dan kembali ke kehidupan biasa. Make up panggung mempunyai teknik dan jenis yang beragam dan dapat dipelajari untuk mempersiapkan sebuah pementasan teater. Fotografi digunakan sebagai media untuk mengabadikan make up panggung. Pameran fotografi tentang make up panggung adalah sebuah wadah untuk publik agar dapat mengetahui tentang jenis-jenis make up panggung yang dibutuhkan dalam beberapa naskah teater. Saat ini saya masih berproses untuk pengambilan gambar beberapa karakter make up yang dibutuhkan dalam beberapa naskah teater. Jika sudah terkumpul cukup banyak gambar, maka akan diadakan pameran fotografi tentang make up panggung hasil karya saya. Beberapa file foto terpilih akan dicetak pada media kanvas berukuran kurang lebih 200 x 150 cm agar gambar dapat dilihat secara lebih mendetil. Selain itu akan diadakan workshop make up panggung di sela-sela waktu pemeran yang targetnya adalah para aktor, penata rias pemula, dan komunitas teater kampus yang membutuhkan pengetahuan tentang teknik membuat seorang aktor mempunyai karakter seperti yang diinginkan naskah dan sutradara.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Memasuki dunia teater sangat menarik. Saya hanya berbekal ilmu seni rupa yang saya dapat di bangku perkuliahan. Sering menjadi penata rias dalam beberapa pertunjukan teater di beberapa komunitas teater membuat saya berpikir untuk membagi ilmu saya kepada mereka, walaupun saya tidak menempuh pendidikan khusus di bidang make up. Saya menggandeng seorang fotografer untuk mengabadikan karya saya berupa make up panggung agar nantinya dapat menjadi portfolio saya.

Masalah yang Diangkat

Make up panggung sering dikesampingkan dalam kepentingan proses pertunjukan teater. Padahal make up untuk kebutuhan aktor juga memerlukan riset tentang karakter lakon agar sesuai dengan harapan. Solusi yang mereka ambil adalah menyewa penata rias dari luar komunitas untuk membantu dalam proses, tetapi hasil yang diberikan oleh penata rias tersebut terkadang belum sesuai dengan yang diharapkan karena penata rias tersebut belum mempelajari tentang naskah yang akan ditampilkan dan belum paham tentang keadaan panggung yang dipenuhi tata pencahayaan serta jarak panggung ke penonton. Lalu pada pementasan, make up yang dihasilkan kurang mendukung untuk memunculkan karakter lakon yang dimainkan oleh para aktor. Solusi yang saya tawarkan adalah mereka yang terlibat dalam proses pementasan teater khususnya aktor dan penata rias harus mempelajari tentang karakter lakon yang akan dibangun. Workshop make up panggung yang saya rencanakan akan membantu mereka dalam mempelajari beberapa jenis make up panggung yang mereka butuhkan dalam proses riset tentang karakter lakon yang akan mereka pentaskan.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Dalam hal ini sukses dapat diartikan jika publik yang mengapresiasi karya saya dengan datang ke pameran melebihi 200 orang. Dan peserta workshop make up panggung dapat menerapkan materi dan pengalaman yang didapat ke dalam proses berkarya mereka yang selanjutnya. Misi dari pameran ini adalah memberikan pengetahuan tentang make up panggung kepada pelaku seni teater agar memahami lebih dalam tentang peran make up panggung yang sangat mendukung untuk memunculkan karakter lakon pada pementasan teater.

Dana Hibah

Rp.50 Juta